Text
SKRIPSI TINDAK TUTUR PERLOKUSI DALAM IKLAN SPRITE CAMPAIGN #NYATANYANYEGERIN DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MATERI AJAR TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER DI SMP
ABSTRAK
Rohmah, Qotrul Ainiyah. 2024. “Tindak Tutur Perlokusi dalam Iklan Sprite Campaign #Nyatanyanyegerin dan Implementasinya Sebagai Materi Ajar Teks Iklan, Slogan, dan Poster di SMP.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Herpindo, S.Pd., M.Hum., Pembimbing II Winasti Rahma Diani, M.Hum. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai cara penyampaian pesan dalam iklan dengan mudah memahami makna tuturan iklan tersebut. Dengan demikian, bahasa dalam iklan harus dapat memengaruhi masyarakat agar makna yang terkandung dalam bahasa iklan dapat dipahami penonton. Salah satunya iklan Sprite dengan fenomena iklan yang terdapat tindak tutur perlokusi dalam tuturan naratornya. Iklan Sprite banyak tayang dalam televisi, iklan Sprite dalam tagar #nyatanyanyegerin terdapat tindak tutur perlokusi. Iklan Sprite dengan tagar tersebut dapat diakses melalui Youtube. Iklan Sprite menggunakan strategi tindak tutur perlokusi dengan tujuan untuk mempengaruhi pembeli untuk menggunakan atau membeli produk tersebut. Penelitian dengan tujuan untuk mendekripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur perlokusi dalam iklan Sprite. Jenis penelitian ini adalah desktriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Penelitian ini menggunakan metode padan dan teknik dasar PUP yang dilanjutkan dengan teknik HBS untuk menganalasis data. Hasil temuan penelitian ini adalah terdapat bentuk dan fungsi tindak tutur perlokusi dalam tuturan narator iklan Sprite. Adapun hasil analisis bentuk tindak tutur perlokusi dalam iklan Sprite terdiri dari: tindak tutur perlokusi representatif, tindak tutur perlokusi direktif, tindak tutur perlokusi ekspresif, dan tindak tutur perlokusi komisif. Selain itu, terdapat fungsi tindak tutur perlokusi dalam iklan Sprite meliputi: tindak tutur perlokusi representatif pengakuan, tindak tutur perlokusi direktif menyarankan, tindak tutur perlokusi direktif mengajak, tindak tutur perlokusi direktif meminta, tindak tutur perlokusi ekspresif sindiran, dan tindak tutur perlokusi komisif menawarkan. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah tuturan dalam iklan Sprite mengandung bentuk dan fungsi tindak tutur perlokusi yaitu (1) tindak tutur perlokusi representatif pengakuan, (2) tindak tutur perlokusi direktif menyarankan, (3) tindak tutur perlokusi direktif mengajak, (4) tindak tutur perlokusi direktif meminta, (5) tindak tutur perlokusi ekspresif sindiran dan (6) tindak tutur perlokusi komisif menawarkan. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan topik yang sama tetapi dengan sumber data dan teori yang berbeda.
Kata kunci: iklan, Sprite, tindak tutur perlokusi
26-UN57.U1-SIN-VII-2024 | INDONESIA ROH T 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain