Text
SKRIPSI ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM NOVEL HIMPUNAN KARYA CITRA SARAS DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI TEKS DRAMA DI SMA
ABSTRAK
Margareta, Dyah Kumala. 2024. Alih Kode dan Campur Kode dalam Novel Himpunan Karya Citra Saras dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Materi Teks Drama di SMA. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Rangga Asmara, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Winasti Rahma Diani, M.Hum. Penelitian yang berjudul “Alih Kode dan Campur Kode dalam Novel Himpunan Karya Citra Saras dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Materi Teks Drama di SMA” dilatarbelakangi oleh banyaknya peristiwa alih kode dan campur kode pada novel tersebut. Penelitian ini menggunakan teori Suwito (1983) untuk menganalisis dan medeskrisikan bentuk dan faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode dalam novel Himpunan karya Citra Saras. Wujud data yang ada dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang mengandung peristiwa alih kode dan campur kode. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Himpunan karya Citra Saras. Data diperoleh dengan menggunakan metode simak dan teknik catat. Metode dan teknik analisis data yang ada dalam penelitian ini adalah metode agih dengan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL). Hasil penelitian ini berupa bentuk alih kode ke dalam (internal) dari bahasa Indonesia ke bahasa Sunda, alih kode ke luar (eksternal) dari bahasa Indoonesia ke bahasa Inggris dan bahasa Korea. Adapun faktor yang melatarbelakangi terjadinya alih kode meliputi penutur, lawan tutur, hadirnya penutur ketiga, pokok pembicaraan, untuk membangkitkan rasa humor, dan sekedar bergengsi. Bentuk campur kode berupa kode ke dalam (internal) dari bahasa Indonesia ke bahasa Sunda, campur kode ke luar (eksternal) dari bahasa Indoonesia ke bahasa Inggris dan bahasa Korea. Adapun faktor yang melatarbelakangi terjadinya campur kode meliputi identifikasi peranan, identifikasi ragam, dan keinginan untuk menjelaskan atau menafsirkan. Penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar bahasa Indonesia kelas XI di SMA pada kompetensi dasar 11.5 elemen membaca dan memirsa dengan capain pembelajaran meliputi, peserta didik mampu memahami dan menemukan perbedaan genre teks drama yang mengandung alih kode dan campur kode. Elemen 11.7 yakni elemen berbicara dan mempresentasikan. Luaran dari penelitian ini berupa modul ajar materi teks drama.
Kata kunci: alih kode, campur kode, novel, teks drama
36-UN57.U1-SIN-VII-2024 | INDONESIA MAR A 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain