Text
SKRIPSI KEPRIBADIAN TOKOH-TOKOH DALAM NOVEL RE: DAN PEREMPUAN KARYA MAMAN SUHERMAN DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR HANDOUT TEKS NOVEL DI SMA
ABSTRAK
Nugroho, Habin Tegar. 2024. Kepribadian Tokoh-Tokoh Dalam Novel Re: dan peRempuan Karya Maman Suherman dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Handout Teks Novel Di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Liana Shinta Dewi, S.S., M.A., Pembimbing II Dr. Yanti Sariasih, M.Pd.
Penelitian berjudul “Kepribadian Tokoh-Tokoh Dalam Novel Re: dan peRempuan Karya Maman Suherman dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Handout Teks Novel Di SMA” dilatarbelakangi oleh kompleksitas kepribadian dan dinamika psikologis pada tokoh-tokoh dalam novel Re: dan peRempuan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana tingkatan dan tipe kepribadian tokoh-tokoh di dalam novel Re: dan peRempuan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkatan dan tipe kepribadian tokoh-tokoh di dalam novel Re: dan peRempuan. Objek penelitian yaitu kepribadian tokoh-tokoh dalam novel Re: dan peRempuan yang dianalisis menggunakan teori tingkatan dan tipe kepribadian Carl Gustav Jung. Wujud data berupa teks, kalimat, kutipan, dan dialog yang menggambarkan psikologi tokoh-tokoh di dalam novel Re: dan peRempuan. Sumber data berasal dari novel Re: dan peRempuan karya Maman Suherman. Metode dan teknik penyediaan data yang digunakan close reading dengan teknik baca dan catat. Metode analisis menggunakan deskripsi analisis dan analisis teks. Hasil analisis ditemukan tokoh Maman didominasi oleh kesadaran dengan tipe kepribadian ekstraversi pengindra, Re: didominasi oleh kesadaran dengan tipe kepribadian introversi pemikir, Mami didominasi oleh ketidaksadaran kolektif aspek shadow dengan tipe kepribadian ekstraversi perasa, dan Melur didominasi oleh kesadaran dengan tipe kepribadian ekstraversi pengindra. Hasil penelitian ini diimplementasikan sebagai bahan ajar Handout Fase F elemen membaca dan memirsa agar peserta didik mengevaluasi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks (fiksi dan nonfiksi) di media cetak dan elektronik serta mampu mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi
Kata kunci : tingkatan kepribadian, tipe kepribadian, carl gustav jung
23-UN57.U1-SIN-VII-2024 | INDONESIA NUG K 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain