Text
SKRIPSI FORMULA MATERI AJAR MEMBACA TEKS WISATA BUDAYA DI KLATEN BIPA LEVEL 2 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL
ABSTRAK
Nurulita, Aliza. 2024. “Formula Materi Ajar Membaca Teks Wisata Budaya di Klaten BIPA Level 2 Dengan Menggunakan Media Audiovisual”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd., Pembimbing II Winasti Rahma Diani, M.Hum.
Tujuan penelitian ini ialah memformula materi ajar membaca teks wisata budaya di Klaten BIPA Level 2 dengan menggunakan media audiovisual. Data dalam penelitian ini berwujud konstruk-isi Standar Kompetensi Lulusan Kursus dan Pelatihan (SKL), Kurikulum BIPA, dan kisi-kisi materi ajar membaca BIPA Level 2. Sumber data penelitian ini ialah Standar Kompetensi Lulusan Kursus dan Pelatihan (SKL), Kurikulum BIPA, dan wisata budaya di Klaten. Penyediaan data dilakukan menggunakan metode baca dan teknik catat. Keabsahan data dilaksanakan dengan teknik triangulasi oleh guru atau praktisi BIPA. Data dianalisis dengan menggunakan metode hubung. Konstruk dihubungkan dengan kisi-kisi. Metode hubung yang dilakukan disertai teknik analisis jabar, yakni konstruk yang dihubungkan dengan kisi-kisi, dijabarkan menjadi materi ajar. Hasil analisis dideskripsikan kemudian disusun menjadi materi ajar membaca teks wisata budaya di Klaten BIPA Level 2 dengan menggunakan media audiovisual. Materi ajar membaca teks wisata budaya di Klaten BIPA Level 2 dengan menggunakan media audiovisual terdiri dari tiga unit, yakni wisata sejarah, wisata adat, dan wisata seni. Wisata sejarah berisi teks deskripsi Candi Sewu dan Candi Merak, wisata adat berisi teks deskripsi Tradisi Yaqowiyu dan Kirab Adat Budaya Sura, wisata seni berisi teks deskripsi Joglo Omah Wayang dan Taman Seni Budaya Mlese. Kemudian, materi ajar yang disusun diuji keabsahannya oleh guru BIPA. Setelah dinyatakan layak, materi ajar diujicobakan kepada pelajar BIPA Level 2. Hasil uji coba menyatakan bawa pelajar mampu membaca teks deskripsi dengan lancar. Selain itu, pelajar mampu menyimpulkan isi teks deskripsi serta mengungkapkan kembali isi teks yang dibaca dengan tepat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa memiliki kemampuan membaca yang baik.
Kata kunci: bipa level 2, materi ajar membaca, media audiovisual, standar kompetensi lulusan, wisata budaya di klaten.
29-UN57.U1-SIN-VII-2024 | INDONESIA NUR F 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain