Text
SKRIPSI TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM FILM ANIMASI BATTLE OF SURABAYA KARYA ARYANTO YUNIAWAN SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN TEKS ULASAN DI SMP
ABSTRAK
Laila, Zafarayana Fatma. 2024. “Fungsi Tindak Tutur Ekspresif Film Animasi Battle of Surabaya Karya Aryanto Yuniawan sebagai Bahan Ajar Teks Ulasan di SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembibing I Drs. FX Samingin, M.Hum., pembimbing II Irsyadi Shalima, M.A.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan dialog-dialog yang mengandung tindak tutur ekspresif dalam film animasi Battle of Surabaya karya Aryanto Yuniawan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh deskripsi fungsi tindak tutur ekspresif dalam film Battle of Surabaya karya Aryanto Yuniawan. Teori- teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan pragmatik, konteks, tindak tutur, fungsi tindak tutur, situasi tutur, pengertian bahan ajar, dan handout. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa kalimat tuturan ekspresif, yang merupakan hasil dari transkrip film. Penyediaan data menggunakan metode simak dan dilanjutkan dengan teknik catat. Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu metode padan dan dilanjutkan dengan teknik analisis data dengan teknik pilah unsur penentu (PUP). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh 30 data tentang tindak tutur ekspresif. Data tersebut dapat dikategorikan menjadi tujuh fungsi tindak tutur ekspresif yakni, (1) tuturan ekspresif berterima kasih, (2) tuturan ekspresif memberi selamat, (3) tuturan ekspresif menyalahkan, (4) tuturan ekspresif memuji, (5) tuturan ekspresif berbela sungkawa, (6) tuturan ekspresif meminta maaf (7) tuturan ekspresfi kobaran semangat juang. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar berupa handout. Handout tersebut berisi materi teks ulasan sesuai dengan silabus kurikulum 2013 kelas VIII pada kompetensi dasar 3.12 dan 4.12 tentang “menelaah struktur kebahasaan teks ulasan dan menyajikan tanggapan tentang kualitas karya”. Handout tersebut memuat kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, evaluasi, dan penilaian.
Kata kunci : bahan ajar, Battle of Surabaya, film animasi, teks ulasan, tindak tutur ekspresif.
28-UN57.U1-SIN-VII-2024 | INDONESIA LAI T 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain