Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LKPD BERORIENTASI GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 TEMANGGUNG
ABSTRAK
Arifah, Luvy. 2024. “Pengembangan E-LKPD Berorientasi Group Investigation (GI) pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Temanggung”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing 1 Karunia Galih Permadani, M.Sc., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci : E-LKPD, Model 4D, Group Investigation, HOTS, Sistem Pertahanan Tubuh Penelitian ini didasarkan pada permasalahan pembelajaran yang terdapat di kelas XI SMAN 1 Temanggung meliputi strategi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran biologi kurang inovatif serta kurang memanfaatkan teknologi, peserta didik kesulitan dalam memahami materi sistem pertahanan tubuh, belum dikembangkannya E-LKPD interaktif berbasis masalah, dan penguasaan HOTS peserta didik tergolong rendah, didasarkan fakta hanya 27,3% peserta didik di kelas XI SMAN 1 Temanggung yang dapat memecahkan sebuah masalah yang berkaitan dengan materi biologi. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kelayakan produk E-LKPD berorientasi Group Investigation berdasarkan aspek validitas oleh ahli media dan ahli materi serta aspek praktikalitas oleh guru dan peserta didik pada materi sistem pertahanan tubuh, serta untuk menganalisis peningkatan HOTS peserta didik kelas XI SMAN 1 Temanggung dengan menggunakan E-LKPD berorientasi Group Investigation pada materi sistem pertahanan tubuh. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (Penyebarluasan). Akan tetapi penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap Develop (pengembangan). Penelitian ini diuji cobakan secara pre - eksperimen dengan one group pretest – posttest design. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa E-LKPD berorientasi GI sangat layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas. Berdasarkan hasil uji validitas oleh ahli media dan ahli materi diperoleh rata – rata persentase sebesar 83,375%. (sangat valid). Uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik diperoleh rata – rata sebesar 90,02% (sangat baik). Untuk mengetahui kualitas peningkatan HOTS peserta didik dilakukan uji N-Gain kepada peserta didik yang memperoleh rata – rata N-Gain sebesar 0,7924 (tinggi). Disimpulkan bahwa E-LKPD berorientasi Group Investigation pada materi sistem pertahanan tubuh yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan dapat meningkatkan HOTS peserta didik kelas XI SMAN 1 Temanggung.
15-UN57.U1-SPB-VII-2024 | BIOLOGI ARI P 2024 | Ruang Skripsi (BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain