Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI DI MAN KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Fauziyyah, S. 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis Peserta Didik pada MATERI Sistem Sirkulasi di MAN Kota Magelang.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M. Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: SAVI, Metakognitif, Berpikir Kritis Keterampilan metakognitif dan berpikir kritis adalah keterampilan yang harus dimiliki peserta didik. Kedua aspek tersebut sangat berguna baik dalam pembelajaran biologi maupun di masadepan, namun kedua aspek tersebut belum nampak pada peserta didik di MAN Kota Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis efektivitas model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, intellectual) dalam meningkatkan keterampilan metakognitif. (2) Menganalisis efektivitas model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel yang dipilih adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data yaitu soal pretest dan posttest, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan dokumentasi nilai peserta didik. Teknik analisis data yang dipilih peneliti adalah uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas Levene’s of Equality of error Variance dengan masing-masing signifikansi sebesar α = 5% atau 0,05. Kemudian untuk uji hipotesis, peneliti menggunakan uji independent sample t dengan signifikansi α = 0,05 dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebesar 0,000 pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SAVI dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil tersebut ditemukan pada aspek metakognitif maupun berpikir kritis. Model pembelajaran SAVI juga cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan berpikir kritis peserta didik dengan masing-masing nilai N-Gain sebesar 51,58% dan 62,41%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan metakognitif dan berpikir kritis.
17-UN57.U1-SPB-VII-2024 | BIOLOGI FAU E 2024 | Ruang Skripsi (BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain