Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA PADA SUB MATERI PENANGANAN LIMBAH
ABSTRAK
Rufaida, Anie. 2024. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Brainstorming Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik SMA pada Sub Materi Penanganan Limbah”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Brainstorming, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya proses pembelajaran biologi sebab motivasi belajar peserta didik masih rendah dan tingkat pemahaman konsep peserta didik perlu ditingkatkan lagi. Rendahnya motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik salah satunya disebabkan oleh model yang digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan peserta didik yang masih sering merasa bosan, mengantuk dan kesulitan dalam mengatur fokus belajarnya. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan diketahui bahwa nilai rata-rata UTS biologi kelas X SMA N1 Muntilan pada bulan september tahun pelajaran 2022/2023 memperoleh nilai yang masih rendah yaitu sebesar 70. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan metode Brainstorming terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik pada sub materi penanganan limbah. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N1 Muntilan dengan subjek penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas Fase E2 sebagai kelas eksperimen dan kelas Fase E6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t test dan uji Mann U-Whitney. Berdasarkan hasil penelitian, dengan diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) dengan metode Brainstorming pada sub materi penanganan limbah terbukti berpengaruh terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent sample t test yang memperoleh nilai sig. 0,001 (< 0,05) yang menunjukkan model Problem Based Learning (PBL) dengan metode Brainstorming berpengaruh terhadap motivasi belajar, sedangkan hasil uji Mann U-Whitney memperoleh nilai sig. 0,033 (< 0,05) yang menunjukkan model Problem Based Learning (PBL) dengan metode Brainstorming berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan metode Brainstorming terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik pada sub materi penanganan limbah.
9-UN57.U1-SPB-VI-2024 | BIOLOGI RUF P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain