Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BOOKLET AVES BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA CERITA RELIEF AVADANA CANDI BOROBUDUR
ABSTRAK
Dini, Mia Saktian, 2024. “Pengembangan Booklet Aves Berbasis Augmented Reality Pada Cerita Relief Avadana Candi Borobudur”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Booklet, Aves, Candi Borobudur, Augmented Reality
Candi Borobudur adalah salah satu candi Buddha mahakarya terbesar di Indonesia. Candi Borobudur terdiri dari Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu. Pada tingkatan Rupadhatu terdapat cerita relief Avadana yang memiliki relief flora dan fauna yang beragam. Salah satu cerita relief Avadana yang banyak ditemukan yaitu kelas aves. Hasil wawancara dengan guru Biologi SMA Tarakanita Magelang, media pembelajaran pada sub materi aves kelas X masih konvensional yaitu koleksi perangko gambar, media tersebut belum memuat informasi yang lengkap. Produk yang dihasilkan berupa booklet aves berbasis augmented reality dan menganalisis respon pengguna guru Biologi dan peserta didik terhadap booklet aves berbasis augmented reality. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE. Dalam penelitian ini, hanya sampai development (pengembangan). Pengumpulan data dilakukan dengan eksplorasi relief aves di Candi Borobudur dan identifikasi berdasarkan cerita relief. Teknik analisis kelayakan yaitu dengan modifikasi dari Latifah (2022) yaitu melalui lembar validasi uji kelayakan booklet yang diadaptasi dari BSNP (2014) dan dianalisis berdasarkan rumus dari Hasanah dkk. (2016). Berdasarkan hasil penelitian terdapat 8 jenis aves yang dapat diidentifikasi pada pagar langkan Avadana Candi Borobudur. Hasil penilaian validator ahli media sebesar 91,6% dengan kategori sangat valid/sangat layak dan ahli materi sebesar 80% dengan kategori valid/layak. Hasil uji respon pengguna booklet aves berbasis augmented reality yang dilakukan oleh guru Biologi SMA Tarakanita Magelang sebesar 92,5% dengan kategori sangat baik dan respon pengguna oleh peserta didik sebesar 83,25% dengan kategori baik. Berdasarkan data yang diperoleh, booklet aves berbasis augmented reality yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada sub materi aves.
10-UN57.U1-SPB-VI-2024 | BIOLOGI DIN P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain