Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DISERTAI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
ABSTRAK
Aabidah, Huriyah Fitri. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran STAD Disertai Crossword Puzzle terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Kata Kunci: Crossword Puzzle, Model STAD, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep, Pertumbuhan dan Perkembangan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih belum maksimalnya pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang dalam mempelajari materi pertumbuhan dan perkembangan khususnya sub materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran STAD disertai crossword puzzle terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Post-Test Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang dengan sampel yang digunakan berjumlah 54 peserta didik dari kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 27 peserta didik dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 27 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis hipotesis pada nilai post-test pemahaman konsep peserta didik memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti nilai Sig. < 0,05. Selain itu, rata-rata nilai post-test pemahaman konsep peserta didik juga terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu rata-rata nilai post-test lebih tinggi 10% dari rata-rata nilai post-test kelas kontrol. Kemudian pada data motivasi belajar peserta didik, diketahui hasil analisis hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,023 yang berarti nilai Sig. < 0,05. Selain itu, pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai motivasi belajar akhir lebih tinggi 6,4% dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, terdapat pengaruh model pembelajaran STAD disertai crossword puzzle terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Penelitian ini dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dikembangkan pada materi biologi lainnya yang cenderung memiliki banyak konsep hafalan.
31-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI AAB P 2024 | Ruang Skripsi (BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain