PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DISERTAI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

HURIYAH FITRI AABIDAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Aabidah, Huriyah Fitri. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran STAD Disertai Crossword Puzzle terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Kata Kunci: Crossword Puzzle, Model STAD, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep, Pertumbuhan dan Perkembangan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih belum maksimalnya pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang dalam mempelajari materi pertumbuhan dan perkembangan khususnya sub materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran STAD disertai crossword puzzle terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Post-Test Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang dengan sampel yang digunakan berjumlah 54 peserta didik dari kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 27 peserta didik dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 27 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis hipotesis pada nilai post-test pemahaman konsep peserta didik memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti nilai Sig. < 0,05. Selain itu, rata-rata nilai post-test pemahaman konsep peserta didik juga terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu rata-rata nilai post-test lebih tinggi 10% dari rata-rata nilai post-test kelas kontrol. Kemudian pada data motivasi belajar peserta didik, diketahui hasil analisis hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,023 yang berarti nilai Sig. < 0,05. Selain itu, pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai motivasi belajar akhir lebih tinggi 6,4% dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, terdapat pengaruh model pembelajaran STAD disertai crossword puzzle terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Penelitian ini dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dikembangkan pada materi biologi lainnya yang cenderung memiliki banyak konsep hafalan.


Ketersediaan
31-UN57.U1-SPB-VIII-2024BIOLOGI AAB P 2024Ruang Skripsi (BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI AAB P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XVI;222HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik