Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK HYPERCONTENT BERBASIS MASALAH LINGKUNGAN DI TPA BANYUURIP MAGELANG UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
ABSTRAK
Nofianingsih, Prihati. 2024. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Hypercontent Berbasis Masalah Lingkungan di TPA Banyuurip Magelang untuk Mendukung Pembelajaran Biologi Materi Perubahan Lingkungan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M. Pd., Pembimbing II Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd.
Kata kunci: Hypercontent, Masalah Lingkungan, Lembar Kerja Peserta Didik,
Pengembangan Sampah yang belum dikelola di TPA Banyuurip Magelang menyebabkan pencemaran lingkungan. Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah mengangkat ke dalam pembelajaran biologi. Peserta didik perlu didedahkan dengan pembelajaran fakta di lapangan sekitar, sehingga peka terhadap permasalahan sekitar. Fakta hasil wawancara lapangan dan observasi, belum ada bahan ajar berbasis lingkungan sekitar yang digunakan di sekolah dan peserta didik cenderung bermain handphone. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar seperti LKPD yang menggabungkan isu lingkungan dan teknologi, sehingga dapat menginspirasi peserta didik untuk mencari solusi atas masalah lingkungan sekitar mereka. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis permasalahan lingkungan di TPA Banyuurip, menganalisis kelayakan LKPD Hypercontent berdasarkan penilaian validator, serta menganalisis efektivitas untuk mendukung pembelajaran biologi materi perubahan lingkungan berdasarkan uji one group pretest post-test design. Permasalahan lingkungan yang terjadi di TPA Banyuurip adalah pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran tanah. LKPD Hypercontent berbasis masalah lingkungan di TPA Banyuurip yang dikembangkan dinyatakan “sangat layak” berdasarkan penilaian validator dikarenakan mendapat persentase sebesar 81,75%, untuk efektivitas dalam mendukung pembelajaran biologi termasuk kategori “sedang” dibuktikan dengan hasil N-gain sebesar 0,4669. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD yang mempertimbangkan isu lingkungan dan memanfaatkan teknologi dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan peserta didik, serta mampu
14-UN57.U1-SPB-VI-2024 | BIOLOGI NOF P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain