Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DISERTAI MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE (Q-CARDS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM IMUNITAS KELAS XI SMA IT IHSANUL FIKRI MUNGKID
ABSTRAK
Liantri, I. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Disertai Media Quizizz Paper Mode (Q-Cards) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Imunitas Kelas XI SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Shefa Dwijayanti Ramadani, M.Pd. Pembimbing II Weni Anggraini, M.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar Kognitif, Materi Sistem Imunitas, Motivasi Belajar, Quizizz Paper Mode, Teams Games Tournament.
Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa yang masih di bawah kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran serta model pembelajaran yang digunakan kurang bisa mengoptimalkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai media Quizizz Paper Mode (Q-Cards) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid pada materi sistem imunitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian pretest post-test nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-5 sebagai kelas eksperimen dan XI-1 sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah lembar skala motivasi belajar dan lembar soal pretest post-test. Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test pada taraf signifikansi 0,05 menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar akhir kelas eksperimen sebesar 63,91 dengan kategori sangat tinggi dan kelas kontrol sebesar 46,67 dengan kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis skor motivasi belajar akhir nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Selain itu, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 83,33 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 69,68 dengan kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis nilai rata-rata post-test memperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai media Quizizz Paper Mode (Q-Cards) berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA IT Ihsanul Fikri pada materi sistem imunitas. Saran dari penelitian ini, diharapkan peneliti selanjutnya lebih memahami manajemen kelas agar mampu menciptakan situasi kelas yang kondusif dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran yang maksimal dan perlu mengatur waktu secara benar agar semua tahapan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.
13-UN57.U1-SPB-VI-2024 | BIOLOGI LIA P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain