PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GAME WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X MAN PURBALINGGA PADA MATERI EKOSISTEM

PRIZKA CAHYA AGUSTINA - Nama Orang;

ABSTRAK
Agustina,P.C. 2024. “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Game Wordwall terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X MAN Purbalingga pada Materi Ekosistem”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universias Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, M.Sc. Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Model Discovery Learning Berbantuan Game Wordwall, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Materi Ekosistem. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurang optimalnya motivasi belajar dan rendahnya hasil belajar kognitif di MAN Purbalingga dengan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan penerapan model Discovery Learning berbantuan Game Wordwall. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh model Discovery Learning berbantuan Game Wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X MAN Purbalingga pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan metode yang digunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MAN Purbalingga. Sampel penelitian ini adalah kelas XE sebagai kelas kontrol dan XF sebagai kelas eksperimen dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji Mann Whitney U Test pada taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar menggunakan model Discovery Learning berbantuan Game Wordwall dengan uji N Gain sebesar 0,08 kategori rendah. Model Discovery Learning berbantuan Game Wordwall berpengaruh pada hasil belajar kognitif uji N Gain sebesar 0,56 kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis motivasi belajar akhir diperoleh nilai Sig (2- tailed) 0,006 < 0,05. Dengan nilai rata-rata motivasi akhir kelas eksperimen 80,05 dan kelas kontrol 76,97. Hal tersebut menunjukkan model Discovery Learning berbantuan Game Wordwall berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Hasil pengujian hipotesis post-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dengan nilai rata-rata postest kelas eksperimen 80,05 dan kelas kontrol 70,82. Hal tersebut menunjukkan model Discovery Learning berbantuan Game Wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian Model Discovery Learning berbantuan Game Wordwall digunakan sebagai model pembelajaran yang inovatif dan kreatif agar dapat mengembangkan model pembelajaran yang diterapkan. Selain itu, perlunya mempertimbangkan ruang lingkup yang luas, membutuhkan waktu lama dalam kegaiatan pembelajaran sehingga berpengaruh pada motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik.


Ketersediaan
33-UN57.U1-SPB-VIII-2024BIOLOGI AGU P 2024Ruang Skripsi (BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI AGU P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XV;272HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik