Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GAME WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X MAN PURBALINGGA PADA MATERI EKOSISTEM
ABSTRAK
Agustina,P.C. 2024. “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Game Wordwall terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X MAN Purbalingga pada Materi Ekosistem”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universias Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, M.Sc. Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Model Discovery Learning Berbantuan Game Wordwall, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Materi Ekosistem. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurang optimalnya motivasi belajar dan rendahnya hasil belajar kognitif di MAN Purbalingga dengan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan penerapan model Discovery Learning berbantuan Game Wordwall. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh model Discovery Learning berbantuan Game Wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X MAN Purbalingga pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan metode yang digunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MAN Purbalingga. Sampel penelitian ini adalah kelas XE sebagai kelas kontrol dan XF sebagai kelas eksperimen dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji Mann Whitney U Test pada taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar menggunakan model Discovery Learning berbantuan Game Wordwall dengan uji N Gain sebesar 0,08 kategori rendah. Model Discovery Learning berbantuan Game Wordwall berpengaruh pada hasil belajar kognitif uji N Gain sebesar 0,56 kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis motivasi belajar akhir diperoleh nilai Sig (2- tailed) 0,006 < 0,05. Dengan nilai rata-rata motivasi akhir kelas eksperimen 80,05 dan kelas kontrol 76,97. Hal tersebut menunjukkan model Discovery Learning berbantuan Game Wordwall berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Hasil pengujian hipotesis post-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dengan nilai rata-rata postest kelas eksperimen 80,05 dan kelas kontrol 70,82. Hal tersebut menunjukkan model Discovery Learning berbantuan Game Wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian Model Discovery Learning berbantuan Game Wordwall digunakan sebagai model pembelajaran yang inovatif dan kreatif agar dapat mengembangkan model pembelajaran yang diterapkan. Selain itu, perlunya mempertimbangkan ruang lingkup yang luas, membutuhkan waktu lama dalam kegaiatan pembelajaran sehingga berpengaruh pada motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik.
33-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI AGU P 2024 | Ruang Skripsi (BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain