Text
SKRIPSI ANALISIS KORELASI SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI BERDASARKAN GENDER DI SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID
ABSTRAK
Rahayu, Yuliana Rahayu. 2024. “Analisis Korelasi Self-efficacy dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Berdasarkan Gender di SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid”. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, M.Sc., Pembimbing II Weni Anggraini, M.Pd.
Kata Kunci : Self-efficacy, Hasil Belajar Kognitif, Gender, Boarding school, Biologi
Belajar merupakan proses untuk mendapatkan sebuah pengalaman dan perubahan tingkah laku baik dari segi daya pikir, keterampilan maupun sikap dan pemahaman pengetahuan yang diterapkan di setiap sekolah tidak terkecuali di boarding school. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, terjadi mekanisme interaksi antara kondisi internal dan eksternal peserta didik yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Salah satu faktor internal yang dapat memengaruhi hasil belajar peserta didik adalah gender dan self-efficacy. Hasil belajar biologi di SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid antara peserta didik laki-laki dan perempuandapat dilihat perbedaanya, hasil belajar peserta didik perempuan lebih tinggi dari pada laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi self-efficacy terhadap hasil belajar kognitif biologi peserta didik di SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid Kabupaten Magelang serta untuk mengetahui korelasi self-efficacy terhadap hasil belajar kognitif biologi berdasarkan gender peserta didik di SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif tipe korelasional. Teknik analisis yang digunakan adalah product moment dan rank Spearman. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI paket 1, 2 dan 5 di SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid. Sampel penelitian berjumlah 164 peserta didik yang diambil dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy memiliki korelasi “sangat kuat” terhadap hasil belajar kognitif biologi dengan nilai korelasi 0,621. Hasil yang sama ditunjukkan laki-laki dengan korelasi kategori “sangat kuat” terhadap hasil belajar kognitif biologi sebesar 0,633 sedangkan pada perempuan memiliki korelasi kategori “kuat” terhadap hasil belajar kognitif biologi sebesar 0,543. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara self-efficacy dan hasil belajar kognitif biologi di SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid, selain itu juga terdapat perbedaan tingkat self-efficacy dan hasil belajar kognitif biologi pada peserta didik laki-laki yang lebih rendah namun berkorelasi lebih kuat dibanding dengan peserta didik perempuan.
12-UN57.U1-SPB-VI-2024 | BIOLOGI RAH A 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain