PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

DEVI CAHYA NINGRUM - Nama Orang;

ABSTRAK
Ningrum, Devi Cahya, 2024. “Pengaruh Model MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Adversity Quotient”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Nina Agustyaningrum, M.Pd.
Kata kunci: kemampuan literasi matematis, model MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review), Adversity Quotient Kemampuan literasi matematis penting dalam kurikulum sekolah karena termasuk kedalam kemampuan yang menjadi ajang kompetisi internasional salah satunya yaitu PISA (Programme for International Student Assessment). Temuan tes kemampuan awal literasi matematis yang dimiliki peserta didik SMA N 1 Pringsurat menghasilkan skor rerata 40,75 dari skor maksimum 100 menjadi pendorong untuk peneliti. Keterlibatan dan keaktifan peserta didik kurang ketika pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian untuk (1) Menganalisis kemampuan literasi matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) dibandingkan peserta didik yang belajar menggunakan model PBL (Problem Based Learning); (2) Menganalisis kemampuan literasi matematis peserta didik dengan AQ (Adversity Quotient) tipe climbers ,campers, dan quitters; (3) Menganalisis interaksi model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) yang ditinjau dari AQ terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment bentuk non-equivalent pretest-posttest control group design. Model pembelajaran dan adversity quotient menjadi variabel bebas yang digunakan dalam penelitian, sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan literasi matematis yang dimiliki peserta didik. Sejumlah 72 peserta didik dari kelas XI-1 dan XI-2 menjadi sampel yang dilibatkan dalam penelitian. Penelitian yang dilakukan menggunakan soal pretest and posttest, angket adversity quotient, angket validasi, lembar observasi serta pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti terbagi menjadi dua tahap yaitu analisis data awal dan akhir. Analisis pre-test diawali dengan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, homogenitas, dan independent sample t-test sedangkan analisis data akhir yang digunakan adalah uji prasyarat (uji liliefors dan uji bartlett), uji anava dua jalan, dilanjutkan dengan uji scheffe apabila hasil uji anava dua jalan memiliki perbedaan. Hasil analisis data awal dan akhir, menunjukkan data berdistribusi normal serta homogen. Uji independent sample t-test yang dilakukan pada tahap awal memperoleh hasil bahwa rata-rata nilai awal pada kedua kelas sama. Pada tahap akhir dilakukan uji anava dua jalan yang memperoleh hasil: (1) model pembelajaran memberikan pengaruh terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik; (2) adversity quotient memberikan pengaruh terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan adversity quotient terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Berdasarkan analisis uji scheffe, diperoleh kesimpulan : (1) kemampuan literasi matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran MURDER lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran PBL; (2) peserta didik dengan AQ tipe climbers mempunyai kemampuan literasi matematis lebih baik daripada peserta didik dengan AQ tipe campers dan quiters; (3) peserta didik dengan AQ tipe campers mempunyai kemampuan literasi matematis lebih baik daripada peserta didik yang memiliki AQ tipe quiters.


Ketersediaan
49-UN57.U1-SPM-VI-2024MATEMATIKA NIN P 2024Ruang Skripsi (MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA NIN P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIX;240HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik