Text
SKRIPSI PENGARUH PENERAPAN GAME BASED LEARNING MENGGUNAKAN "PAPER QUIZIZZ" TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EVOLUSI
ABSTRAK
Adella, Arla. 2024. Pengaruh Penerapan Game based learning Menggunakan Paper quizizz Terhadap Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Evolusi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum, M.Sc., Pembimbing II Ferisa Prasetyaning Utami, M.Pd
Kata Kunci : Game Based Learning, Paper Quizizz, Pemahaman Konsep, Motivasi, Materi Evolusi Pembelajaran yang dilakukan saat ini seharusnya menggunakan metode pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami pelajaran dan meningkatkan motivasi belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA N 1 Candimulyo Kabupaten Magelang ditemukan beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran biologi yaitu guru masih menggunakan metode pembelajaran tradisional, penilaian tes yang bersifat konvensional yang lebih besar rawan kecurangan, dan motivasi belajar siswa sudah ada tetapi guru berusaha meningkatkan motivasi tersebut pada materi evolusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran game based learning menggunakan paper quiziz terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa pada materi evolusi. Penelitian ini secara kuantitatif menggunakan metode quasi experimental dengan desain tipe pretest-posttest kontrol group design. Populasi penelitian ini dari kelas XI F SMA N 1 Candimulyo, sedangkan sampel yang dipilih dilakukan dengan cara non random sampling (sampel tidak acak) dengan teknik purposive sampling. Kelas XI F1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep dalam bentuk pretest dan posttest, observasi, dan skala motivasi. Selanjutnya data analisis melalui SPSS uji non parametrik yaitu uji mann whitney u test. Uji mann whitney u test pada pemahaman konsep siswa menunjukan bahwa nilai sig (2-tailed) ialah 0,000 < 0.05 yang artinya hasil data terdapat pengaruh yang signifkan. Selanjutnya uji mann whitney u test pada motivasi belajar siswa menunjukan nilai sig (2-tailed) ialah 0,003 yang mana lebih kecil dari 0.05. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode game based learning menggunakan paper quizizz terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa pada materi evolusi di SMA N 1 Candimulyo.
22-UN57.U1-SPB-VII-2024 | BIOLOGI ADE P 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain