PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH PENERAPAN GAME BASED LEARNING MENGGUNAKAN "PAPER QUIZIZZ" TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EVOLUSI

ARLA ADELLA - Nama Orang;

ABSTRAK
Adella, Arla. 2024. Pengaruh Penerapan Game based learning Menggunakan Paper quizizz Terhadap Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Evolusi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum, M.Sc., Pembimbing II Ferisa Prasetyaning Utami, M.Pd
Kata Kunci : Game Based Learning, Paper Quizizz, Pemahaman Konsep, Motivasi, Materi Evolusi Pembelajaran yang dilakukan saat ini seharusnya menggunakan metode pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami pelajaran dan meningkatkan motivasi belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA N 1 Candimulyo Kabupaten Magelang ditemukan beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran biologi yaitu guru masih menggunakan metode pembelajaran tradisional, penilaian tes yang bersifat konvensional yang lebih besar rawan kecurangan, dan motivasi belajar siswa sudah ada tetapi guru berusaha meningkatkan motivasi tersebut pada materi evolusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran game based learning menggunakan paper quiziz terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa pada materi evolusi. Penelitian ini secara kuantitatif menggunakan metode quasi experimental dengan desain tipe pretest-posttest kontrol group design. Populasi penelitian ini dari kelas XI F SMA N 1 Candimulyo, sedangkan sampel yang dipilih dilakukan dengan cara non random sampling (sampel tidak acak) dengan teknik purposive sampling. Kelas XI F1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep dalam bentuk pretest dan posttest, observasi, dan skala motivasi. Selanjutnya data analisis melalui SPSS uji non parametrik yaitu uji mann whitney u test. Uji mann whitney u test pada pemahaman konsep siswa menunjukan bahwa nilai sig (2-tailed) ialah 0,000 < 0.05 yang artinya hasil data terdapat pengaruh yang signifkan. Selanjutnya uji mann whitney u test pada motivasi belajar siswa menunjukan nilai sig (2-tailed) ialah 0,003 yang mana lebih kecil dari 0.05. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode game based learning menggunakan paper quizizz terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa pada materi evolusi di SMA N 1 Candimulyo.


Ketersediaan
22-UN57.U1-SPB-VII-2024BIOLOGI ADE P 2024Ruang Skripsi (MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI ADE P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;190HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik