Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP GOTONG ROYONG PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM INDRA DI SMA NEGERI 1 GRABAG
ABSTRAK
Humairoh, Dewi Fatma. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Gallery Walk terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Gotong Royong Peserta Didik pada Materi Sistem Indra di SMA Negeri 1 Grabag”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, M. Sc., Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan M. Pd.
Kata Kunci: Gallery Walk, Pemahaman Konsep, Sikap Gotong Royong Berdasarkan hasil wawancara, ditemukan bahwa pemilihan model pembelajaran belum bervariasi sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi tidak maksimal. Belum bervariasinya model pembelajaran dengan pembelajaran yang berpusat kepada guru menjadikan pemahaman konsep dan sikap gotong royong peserta didik menjadi belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran gallery walk terhadap pemahaman konsep peserta didik materi sistem indra di SMA Negeri 1 Grabag dan menganalisis pengaruh model pembelajaran gallery walk terhadap sikap gotong royong peserta didik pada materi sistem indra di SMA Negeri 1 Grabag. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Grabag dengan populasi yakni peserta didik kelas XI fase F dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang terdiri atas kelas kontrol yakni kelas XI F1 dan kelas eksperimen yakni kelas XI F2. Instrumen yang digunakan yakni soal tes pemahaman konsep dengan bentuk pilihan ganda, skala sikap gotong royong dan lembar observasi sikap gotong royong peserta didik. Hasil penelitian dengan diterapkannya model pembelajaran gallery walk pada materi sistem indra menunjukkan bahwa nilai pemahaman konsep peserta didik diuji dengan uji non parametrik Man-whitney u-test menghasilkan nilai sig sebesar 0,002 dan nilai skala sikap gotong royong peserta didik diuji dengan uji parametrik Independent sampel t-test menghasilkan nilai sig sebesar 0,000. Data hasil uji tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran gallery walk terhadap pemahaman konsep peserta didik dan sikap gotong royong peserta didik. Hal tersebut terjadi karena pembelajaran dengan model gallery walk akan memberikan pengetahuan dalam belajar dengan penuh makna dan menemukan konsep-konsep belajar kepada peserta didik. Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran gallery walk dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dan sikap gotong royong peserta didik.
24-UN57.U1-SPB-VII-2024 | BIOLOGI HUM P 2024 | Ruang Skripsi (BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain