Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DISERTAI MEDIA MIX AND MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN GENDER BERBEDA DI SMA IT IHSANUL FIKRI MUNGKID PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA
ABSTRAK
Yonawati, Elisya Zahra, 2024. “Pengaruh Model Team Games Tournament (TGT) Disertai Media Mix And Match Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Gender Berbeda Di Sma It Ihsanul Fikri Mungkid Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd.
Kata Kunci: Model Team Games Tournament (TGT), minat belajar siswa, Hasil belajar siswa, gender, materi sistem reproduksi manusia. Penelitian didasari oleh masalah pembelajaran biologi yang menggunakan metode ceramah sehingga kurang aktif dalam pembelajaran dan permasalahan utama minat dan hasil belajar siswa laki-laki berkurang, sehingga terdapat perbedaan laki-laki dalam minat dan hasil belajar siswa di kelas SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid dalam mempelajari materi sistem reproduksi manusia. Penelitian bertujuan untuk menganalisa pengaruh model Team Games Tournament (TGT) disertai media Mix and Match terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa dengan gender berbeda di SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid pada materi sistem reproduksi manusia. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) tipe the nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI di SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid dengan sampel yang digunakan yaitu kelas XI-1 laki-laki dan XI-6 Perempuan kelas eksperimen, sedangkan XI-5 laki-laki dan XI-7 Perempuan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan analisis hipotesis penerapan model TGT dengan gender terhadap minat belajar siswa memiliki nilai Sig. 0,275 ≥ 0,05, menunjukkan tidak terdapat pengaruh signifikan model TGT disertai media mix and match terhadap minat akhir belajar siswa berbeda berdasarkan gender. Kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih bagus dibanding kelas kontrol. Kemudian pada hasil belajar analisis hipotesis nilai Sig. 0,173 ≥ 0,05, maka tidak ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran dan gender terhadap hasil belajar siswa. Kelas eksperimen memiliki nilai lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga rata-rata mengalami peningkatan namun tidak berbeda signifikan. Kesimpulan penelitian ini minat belajar yaitu tidak terdapat pengaruh model Team Games Tournament (TGT) disertai media Mix and Match terhadap minat belajar siswa dengan gender berbeda di SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia, hasil belajar siswa tidak ada pengaruh model Team Games Tournament (TGT) disertain media mix and match terhadap hasil belajar siswa dengan gender berbeda di SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia.
23-UN57.U1-SPB-VII-2024 | BIOLOGI YON P 2024 | Ruang Skripsi (BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain