Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI MEDIA PERMAINAN KARTU UNO BIOLOGI BERBASIS GAME BASED LEARNING (GBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
ABSTRAK
Anggraeni, Restu. 2024. “Implementasi Media Permainan Kartu Uno Biologi Berbasis Game Based Learning (GBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M. Pd., Pembimbing II Ferisa Prasetyaning Utami, M. Pd.
Kata Kunci: Kartu Uno Biologi , Perubahan Lingkungan, Media Permainan, Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep. Rendahnya motivasi dan pemahaman konsep belajar siswa pada materi perubahan lingkungan menjadi latar belakang penelitian ini. Keterbatasan variasi media yang digunakan yaitu buku dan power point menunjukkan media pembelajarannya kurang inovatif. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, seperti media permainan kartu uno biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kelayakan dan keefektifan media permainan kartu uno biologi berbasis Game Based Learning (GBL) terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Untuk pengembangan media permainan kartu uno biologi ini dilakukan dengan memodifikasi komponen kartu uno dan peraturan permainan kartu. Modifikasi dilakukan untuk memudahkan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dan menggunakan desain penelitian pre-experimental jenis One Group Pretest-Posttest Design dalam pengambilan data. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, instrumen tes, dan skala motivasi. Data yang diperoleh berupa pretest-posttest dan pengisian skala motivasi belajar siswa. Kelayakan penelitian dinilai dengan evaluasi validasi ahli materi dan media, dan diuji keefektifannya dengan uji NGain. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Kelayakan media permainan kartu uno biologi dengan penilaian validasi ahli materi diperoleh 85,5% (sangat layak) dan penilaian validasi ahli media diperoleh 92,52% (sangat layak). (2) Hasil uji keefektifan terhadap motivasi belajar diperoleh nilai N-Gain 0,44 dengan kategori sedang. (3) Hasil uji keefektifan pemahaman konsep diperoleh nilai N-Gain 0,69 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil data penelitian dapat disimpulkan media permainan kartu uno biologi dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran biologi khususnya materi perubahan lingkungan. Implementasi media permainan kartu uno biologi berbasis Game Based Learning (GBL) dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi perubahan lingkungan dinyatakan efektif dengan kategori sedang.
26-UN57.U1-SPB-VII-2024 | BIOLOGI ANG I 2024 | Ruang Skripsi (BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain