PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI IMPLEMENTASI MEDIA PERMAINAN KARTU UNO BIOLOGI BERBASIS GAME BASED LEARNING (GBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

RESTU ANGGRAENI - Nama Orang;

ABSTRAK
Anggraeni, Restu. 2024. “Implementasi Media Permainan Kartu Uno Biologi Berbasis Game Based Learning (GBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M. Pd., Pembimbing II Ferisa Prasetyaning Utami, M. Pd.
Kata Kunci: Kartu Uno Biologi , Perubahan Lingkungan, Media Permainan, Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep. Rendahnya motivasi dan pemahaman konsep belajar siswa pada materi perubahan lingkungan menjadi latar belakang penelitian ini. Keterbatasan variasi media yang digunakan yaitu buku dan power point menunjukkan media pembelajarannya kurang inovatif. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, seperti media permainan kartu uno biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kelayakan dan keefektifan media permainan kartu uno biologi berbasis Game Based Learning (GBL) terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Untuk pengembangan media permainan kartu uno biologi ini dilakukan dengan memodifikasi komponen kartu uno dan peraturan permainan kartu. Modifikasi dilakukan untuk memudahkan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dan menggunakan desain penelitian pre-experimental jenis One Group Pretest-Posttest Design dalam pengambilan data. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, instrumen tes, dan skala motivasi. Data yang diperoleh berupa pretest-posttest dan pengisian skala motivasi belajar siswa. Kelayakan penelitian dinilai dengan evaluasi validasi ahli materi dan media, dan diuji keefektifannya dengan uji NGain. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Kelayakan media permainan kartu uno biologi dengan penilaian validasi ahli materi diperoleh 85,5% (sangat layak) dan penilaian validasi ahli media diperoleh 92,52% (sangat layak). (2) Hasil uji keefektifan terhadap motivasi belajar diperoleh nilai N-Gain 0,44 dengan kategori sedang. (3) Hasil uji keefektifan pemahaman konsep diperoleh nilai N-Gain 0,69 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil data penelitian dapat disimpulkan media permainan kartu uno biologi dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran biologi khususnya materi perubahan lingkungan. Implementasi media permainan kartu uno biologi berbasis Game Based Learning (GBL) dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi perubahan lingkungan dinyatakan efektif dengan kategori sedang.


Ketersediaan
26-UN57.U1-SPB-VII-2024BIOLOGI ANG I 2024Ruang Skripsi (BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI ANG I 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XV;216HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik