Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMAN 5 MAGELANG
ABSTRAK
Syafitri, L. D. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Permainan Tradisional Congklak terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMAN 5 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universias Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd., Pembimbing II Weni Anggraini, M.Pd.
Kata Kunci: Teams Games Tournament, Congklak, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Hasil belajar siswa dalam pelajaran biologi di SMAN 5 Magelang tergolong rendah disebabkan oleh kurangnya variasi dalam model pembelajaran, sehingga siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran (TGT) Teams Games Tournaments berbantuan permainan tradisional congklak. Model TGT dalam penelitian ini mencakup lima tahapan yaitu penyajian kelas, pembentukan kelompok, permainan, kompetisi, dan pemberian penghargaan. Pada tahap permainan, siswa menggunakan congklak sebagai alat bantu pembelajaran. Metode yang diuntukkan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental dilakukan dengan desain penelitian Pretest Posttest Non-equivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Hasil uji hipotesis parametrik menggunakan uji Ancova menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal penggunaan model pembelajaran. Pada kelas eksperimen, hasil belajar siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan yang nyata dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 0,70, sementara kelas kontrol hanya mencapai 0,49. Model pembelajaran TGT yang didukung oleh permainan tradisional congklak secara signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif yang efektif dalam pembelajaran biologi.
18-UN57.U1-SPB-VII-2024 | BIOLOGI SYA P 2024 | Ruang Skripsi (BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain