Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL TRIGONOMETRI PADA MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X
ABSTRAK
Toyibah, Khikmatun. 2024. “Pengembangan E-Modul Trigonometri pada model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X”. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, M.Pd., Pembimbing II Paskalia Pradanti, M.Pd.
Kata Kunci: E-Modul Trigonometri, Group Investigation, Kemampuan Komunikasi Matematis Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya variasi media dalam pembelajaran dan model pembelajaran. Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam memahami materi trigonometri juga masih sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan E-Modul Trigonometri yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi, dan tes. Tiga ahli media dan tiga ahli materi menguji validitas E-Modul Trigonometri. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X-10 SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa E-Modul Trigonometri untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kevalidan sebesar 78,7% dengan kategori valid. Berdasarkan angket kepraktisan siswa diperoleh hasil 77,6%, hasil angket kepraktisan guru 90,8%, dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 100%. Untuk itu, E-Modul Trigonometri dapat dikatakan praktis. Analisis efektivitas menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,33 dengan kategori sedang, sehingga E-Modul Trigonometri efektif digunakan. E-Modul Trigonometri dapat disimpulkan memenuhi syarat valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Saran dari penelitian ini adalah sebelum menggunakan E-Modul Trigonometri, dipastikan siswa mengerti aturan penggunaan e-modul agar saat pelaksanaan pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif. Penggunaan E-Modul Trigonometri juga perlu diawasi secara detail agar proses pelaksanaan berjalan dengan lancar dikarenakan kemungkinan terdapat siswa yang tidak aktif berdiskusi dalam tim. Sebelum menggunakan E-Modul Trigonometri, juga perlu dipastikan bahwa koneksi internet lancar sehingga tidak menghambat siswa dalam pembelajaran menggunakan EModul Trigonometri.
76-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA TOY P 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain