Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL COGNITIVE GROWTH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VII
ABSTRAK
Pertiwi, Intan. 2024. “Keefektifan Pembelajaran Model Cognitive Growth terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis ditinjau Dari Self Confidence Siswa Kelas VII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Paskalia Pradanti, M.Pd.
Kata Kunci: Cognitive Growth, Berpikir Reflektif, Self confidence Kemampuan berpikir reflektif merupakan hasil kerja siswa yang terlibat dalam menggabungkan pengetahuan yang diterima untuk mengatasi masalah dan menarik kesimpulan. Pada tahun ajaran 2023/2024, berdasarkan hasil prapenelitian ditemukan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 9 Magelang memiliki kemampuan berpikir reflektif yang kurang baik, hal ini dikarenakan beberapa faktor model pembelajaran yang kurang efektif dan self confidence siswa yang kurang diperhatikan. Self confidence merupakan karakter yang penting dalam kehidupan bermasyarakat, karena dengan adanya kepercayaan diri, seseorang mampu mengaktualisasikan segala potensi yang ada di dalam dirinya. Dengan demikian, diterapkannya model pembelajaran Cognitive Growth dapat meningkatkan kemampuan berpikir reflektif siswa dan self confidence siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis perbedaan kemampuan berpikir reflektif siswa yang menggunakan model pembelajaran Cognitive Growth dengan model pembelajaran langsung, (2) menganalisis siswa dengan self confidence kategori tinggi memiliki kemampuan berpikir reflektif yang lebih baik daripada siswa dengan kategori self confidence sedang dan rendah, (3) mengidentifikasi interaksi antara model pembelajaran Cognitive Growth dan self confidence terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa. Jenis penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan the nonequivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Magelang yang berjumlah 224 siswa yang diambil dua kelas dengan teknik cluster random sampling yang diperoleh kelas VII E sebagai kelas kontrol dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, angket self confidence, dan tes kemampuan berpikir reflektif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis variansi dua jalan dengan sel yang tidak sama, dengan prasyarat uji yaitu uji Lilifeors untuk menguji normalitas kemudian uji Bartlett untuk pengujian homogenitas.
54-UN57.U1-SPM-VI-2024 | MATEMATIKA PER K 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain