Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (C-MID) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
ABSTRAK
Utami, Devi Puji. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) Berbantuan Media Pembelajaran Flipbook terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing 1 Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Nina Agustyaningrum, M.Pd.
Kata Kunci: C-MID, flipbook, kemampuan pemahaman konsep matematis. Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah pemahaman dasar bagi siswa. Apabila siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang baik, siswa akan lebih mudah dalam menggunakan, mengingat, dan menerapkan konsep-konsep yang dipelajari untuk menyelesaikan berbagai masalah matematika. Namun, berdasarkan hasil tes awal yang telah dilakukan, kemampuan tersebut masih tergolong kurang pada siswa kelas VII SMPN 9 Magelang. Kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis dikarenakan beberapa masalah yang muncul selama proses pembelajaran, misalnya proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan media pembelajaran yang masih terbatas. Terdapat tiga tujuan pada penelitian ini. Pertama, menganalisis ketuntasan secara klasikal siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) berbantuan media pembelajaran flipbook terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kedua, menganalisis ketuntasan secara klasikal siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Ketiga, menganalisis diantara model pembelajaran C-MID berbantuan media pembelajaran flipbook dan model pembelajaran langsung yang lebih berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.
65-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA UTA P 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain