Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS BERDASARKAN GENDER PADA KELAS X SMA NEGERI 3 MAGELANG
ABSTRAK
Nugroho, Arditia Tri. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) terhadap Kemampuan Literasi Matematis Berdasarkan Gender Pada Kelas X SMA Negeri 3 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Arifta Nurjanah, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran DLPS, Kemampuan Literasi Matematis, Gender, Peserta Didik SMA Rendahnya kemampuan literasi matematis peserta didik di SMA Negeri 3 Magelang dikarenakan kurang inovatifnya model pembelajaran yang digunakan sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Akibatnya peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persoalan matematika terutama dalam konteks dunia nyata yakni kemampuan literasi matematis. Dengan demikian, diperlukan inovasi dalam proses pembelajaran agar terjadi peningkatan pada kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) dan Direct Instruction (DI) terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik, menganalisis pengaruh perbedaan gender terhadap kemampuan literasi matematis, dan menganalisis interaksi antara model pembelajaran dengan perbedaan gender terhadap kemampuan literasi mastematis. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu, yaitu the nonequivalent posttest-only control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Magelang tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas X E6 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran DI dan kelas X E7 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran DLPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas lembar observasi, pedoman wawancara, soal tes kemampuan literasi matematis, dan angket validasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji anava dua jalan, dan uji scheffe.
66-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA NUG P 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain