Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) DENGAN PAPAN DIAGRAM (PADI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP
ABSTRAK
Shalihah, Rafida F. 2024. “Pengaruh Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) dengan Papan Diagram (Padi) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Paskalia Pradanti, M.Pd.
Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Search, Solve, Create and Share (SSCS), Papan Diagram (Padi) Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit untuk dipahami oleh siswa di kelas karena kurangnya pemahaman konsep matematis dan variasi model pembelajaran. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal yang dilakukan, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP N 10 Magelang tergolong rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan variasi pembelajaran berupa model pembelajaran SSCS untuk menghilangkan persepsi tersebut. Model SSCS adalah model yang diciptakan untuk mendukung para pelajar menjadi lebih aktif selama belajar di kelas. Media belajar juga dapat digunakan untuk membantu visualisasi materi pada siswa, seperti penggunaan papan diagram. Model dan media pembelajaran tersebut untuk mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen serta kelas kontrol. Di samping itu, penelitian ini juga mempunyai tujuan untuk membandingkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SSCS melalui papan diagram dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini memakai jenis penelitian quasi experiment. Metode pengambilan sampel dengan cluster random sampling, yaitu dipilih dua kelas secara acak dari seluruh siswa kelas VII SMP N 10 Magelang. Instrumen penelitian mencakup pedoman wawancara, lembar observasi, lembar validasi, serta tes. Metode pengumpulan data mencakup wawancara, observasi, angket, dokumentasi, serta tes. Tes dalam bentuk soal pretest serta posttest menjadi teknik pengambilan data kemampuan pemahaman konsep matematis. Analisis data yang digunakan, adalah paired t-test dan independent sample t-test.
75-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA SHA P 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain