Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT MENGGUNAKAN STRATEGI THINK TALK WRITE BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS XI
ABSTRAK
Sulistyani. (2024). “Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Menggunakan Strategi Think Talk Write Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, S.Si., M.Sc., Pembimbing II Paskalia Pradanti, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, LKPD, Model Missouri Mathematics Project, Strategi Think Talk Write. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang berfokus pada bagaimana peserta didik menyelesaikan permasalahan dengan langkahlangkah strategis untuk mengatasi persoalan yang dihadapi. Berdasarkan hasil tes awal, kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI MAN 1 Magelang tergolong rendah yang salah satunya disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan. Sehingga diperlukan model yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Missouri Mathematics Project menggunakan strategi Think Talk Write berbantuan LKPD. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project menggunakan strategi Think Talk Write berbantuan LKPD dan model pembelajaran langsung. Selain itu, tujuan penelitian ini juga untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran Missouri Mathematics Project menggunakan strategi Think Talk Write berbantuan LKPD dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental berupa nonequivalent post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi, tes kemampuan pemecahan masalah, dan lembar validasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, tes kemampuan pemecahan masalah, angket validasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data awal dan akhir. Analisis data awal berupa uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) serta uji kesamaan rerata. Analisis data akhir berupa uji proporsi serta uji independent sample t-test.
73-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA SUL E 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain