Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN SELFEFFICACY PESERTA DIDIK
ABSTRAK
Syaifuddin, Ahmad. (2024). “Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Scaffolding terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Self-Efficacy Peserta Didik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Arifta Nurjanah, M.Pd.
Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematika, Problem Based Learning, Scaffolding, Self-Efficacy Pembelajaran matematika di kelas membutuhkan peserta didik untuk mencapai beberapa kemampuan, termasuk kemampuan literasi matematika dan self-efficacy dalam menghadapi materi tersebut. Hasil tes kemampuan awal peserta didik kelas XI di SMAN 1 Kota Mungkid menunjukkan bahwa tingkat literasi matematika dan self-efficacy mereka berada pada kategori yang rendah. Selain itu dalam wawancara dengan guru matematika ditemukan bahwa guru masih jarang memberikan soal dengan tipe literasi matematika, ditambah bahwa penerapan model pembelajaran langsung masih jadi andalan guru dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat ditentukan sebuah tujuan yang ingin dicapai. Tujuan tersebut ialah untuk menganalisis secara multivariat kemampuan literasi matematika dan self-efficacy peserta didik yang diajar menggunakan model problem based learning dengan pendekatan scaffolding dibandingkan dengan kemampuan literasi matematika dan self-efficacy peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menerapkan jenis metode penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian yang dipilih yaitu quasi experiment atau eksperimen semu berupa the nonequivalent posttest-only control group design dan analisis datanya dengan membandingkan hasil nilai posttest literasi matematika dan hasil angket self-efficacy kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dalam penelitian ini, sampel terdiri dari kelas XI G dan XI I di SMAN 1 Kota Mungkid, yang dipilih menggunakan metode cluster random sampling dengan pengumpulan data melalui posttest dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa instrumen tes untuk mengukur kemampuan literasi matematika, angket self-efficacy, wawancara, lembar validasi, dan observasi. Teknik analisis data yang diterapkan adalah uji perbedaan rerata multivariat, dengan persyaratan pengujian normalitas dan homogenitas multivariat.
72-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA SYA P 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain