PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN SELFEFFICACY PESERTA DIDIK

AHMAD SYAIFUDDIN - Nama Orang;

ABSTRAK
Syaifuddin, Ahmad. (2024). “Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Scaffolding terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Self-Efficacy Peserta Didik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Arifta Nurjanah, M.Pd.
Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematika, Problem Based Learning, Scaffolding, Self-Efficacy Pembelajaran matematika di kelas membutuhkan peserta didik untuk mencapai beberapa kemampuan, termasuk kemampuan literasi matematika dan self-efficacy dalam menghadapi materi tersebut. Hasil tes kemampuan awal peserta didik kelas XI di SMAN 1 Kota Mungkid menunjukkan bahwa tingkat literasi matematika dan self-efficacy mereka berada pada kategori yang rendah. Selain itu dalam wawancara dengan guru matematika ditemukan bahwa guru masih jarang memberikan soal dengan tipe literasi matematika, ditambah bahwa penerapan model pembelajaran langsung masih jadi andalan guru dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat ditentukan sebuah tujuan yang ingin dicapai. Tujuan tersebut ialah untuk menganalisis secara multivariat kemampuan literasi matematika dan self-efficacy peserta didik yang diajar menggunakan model problem based learning dengan pendekatan scaffolding dibandingkan dengan kemampuan literasi matematika dan self-efficacy peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menerapkan jenis metode penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian yang dipilih yaitu quasi experiment atau eksperimen semu berupa the nonequivalent posttest-only control group design dan analisis datanya dengan membandingkan hasil nilai posttest literasi matematika dan hasil angket self-efficacy kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dalam penelitian ini, sampel terdiri dari kelas XI G dan XI I di SMAN 1 Kota Mungkid, yang dipilih menggunakan metode cluster random sampling dengan pengumpulan data melalui posttest dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa instrumen tes untuk mengukur kemampuan literasi matematika, angket self-efficacy, wawancara, lembar validasi, dan observasi. Teknik analisis data yang diterapkan adalah uji perbedaan rerata multivariat, dengan persyaratan pengujian normalitas dan homogenitas multivariat.


Ketersediaan
72-UN57.U1-SPM-VII-2024MATEMATIKA SYA P 2024Ruang Skripsi (MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA SYA P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIX;253HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik