Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) DENGAN STRATEGI KWL (KNOW, WANT, LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS VIII
ABSTRAK
Rosiqoh, Lintang. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dengan Strategi KWL (Know, Want, Learned) terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Zuida Ratih Hendrastuti, M.Pd., Pembimbing II Nina Agustyaningrum, M.Pd.
Kata kunci: REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring), KWL (Know, Want, Learned), Literasi Numerasi.
Literasi numerasi merupakan kecakapan menafsirkan berbagai bentuk simbol yang digunakan guna memecahkan masalah dalam kehidupan. Kemampuan literasi numerasi penting karena kemampuan ini diperlukan pada setiap aspek kehidupan, baik kegiatan di rumah, maupun masyarakat. Namun, fakta menunjukkan hasil tes awal kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII SMP N 8 Magelang menunjukkan rata-rata 36,75, yang masuk dalam kategori rendah. Kemudian, Matematika masih dianggap menjadi pembelajaran yang membosankan. Selain itu, siswa juga belum antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika. Sehingga, model pembelajaran yang diterapkan disekolah belum efektif terhadap kemampuan literasi numerasi.
Penelitian dimaksudkan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran. Maka, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan literasi numerasi menggunakan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dengan strategi KWL (Know, Want, Learned); (2) menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan literasi numerasi menggunakan model pembelajaran langsung; (3) menganalisis model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dengan strategi KWL (Know, Want, Learned) lebih efektif daripada model pembelajaran langsung terhadap kemampuan literasi numerasi pada bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini memakai metode kuantitatif dengan jenis eksperimen semu, menggunakan desain nonequivalent posttest only control group. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar observasi, pedoman wawancara, dan soal tes kemampuan literasi numerasi. Teknik pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi.
...
50-UN57.U1-SPM-VI-2024 | MATEMATIKA ROS E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain