Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK DENGAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA SMP KELAS VII
ABSTRAK
Agustin, Meylani. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran LAPS-Heuristik dengan Metode Brainstorming terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-confidence Siswa SMP Kelas VII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Moh. Rikza Muqtada, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, LAPS-Heuristik dengan Metode Brainstorming, Self-confidence.
Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu aktivitas yang dikerjakan oleh seseorang dengan menggabungkan teori dan aturan-aturan yang sudah didapatkan dari sebelumnya serta tidak sebagai aturan kemampuan umum. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa, agar nantinya siswa mampu berpikir sistematis, logis dan kritis, serta gigih dalam memecahkan permasalahan. Penelitian ini didasarkan pada hasil tes kemampuan awal pemecahan masalah siswa, yang mana didapatkan fakta bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Magelang tergolong dalam kategori kurang. Kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa disebabkan karena beberapa masalah yang muncul selama proses pembelajaran matematika berlangsung. Berdasarkan fenomena tersebut maka dirumuskan tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti model pembelajaran LAPS-Heuristik dengan metode brainstorming dengan model pembelajaran langsung, (2) menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa dengan self-confidence kategori tinggi lebih baik dibandingkan siswa dengan self-confidence kategori sedang serta rendah, (3) menganalisis interaksi antara model pembelajaran LAPS-Heuristik dengan metode brainstorming dan self-confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Desain quasi experimental digunakan dalam metode penelitian kuantitatif ini dengan bentuk the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Magelang yang berjumlah 250 siswa, kemudian diambil dua kelas sebagai sampel dengan teknik cluster random sampling yaitu didapat kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berupa kemampuan pemecahan masalah dan instrumen non-tes berupa angket self- confidence, lembar validasi, pedoman wawancara, serta lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis varians dua jalan sel tak sama dan uji Scheffe. Hasil analisis self-confidence pada kelas eksperimen menunjukkan 7 siswa berkategori tinggi, 18 siswa sedang, dan 7 siswa rendah. Sedangkan pada kelas kontrol terdapat 6 siswa berkategori tinggi, 20 siswa sedang, dan 4 siswa rendah. viii Populasi data yang digunakan normal dan homogen berdasarkan hasil analisis uji prasyarat data awal dan akhir. Hasil analisis uji-t yang dilakukan pada data awal didapatkan bahwa sebelum diberi perlakuan, kemampuan kedua sampel seimbang.
51-UN57.U1-SPM-VI-2024 | MATEMATIKA AGU P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain