Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISSCUS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) BERBANTUAN EDPUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK
ABSTRAK
Solekhah, Ramatika Putri. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Disscus, Exsplain, And Create (RADEC) berbantuan Edpuzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, M.Pd., Pembimbing II Moh. Rikza Muqtada, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Edpuzzle, Read, Answer, Disscus, Exsplain, And Create.
Matematika menjadi satu dari banyak subjek keilmuan yang penting dan fundamental dalam menunjang kualitas pendidikan. Kemampuan pemecahan masalah menjadi suatu aspek penting pada proses pembelajaran. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik MTsN 4 Magelang masih dikatakan rendah, dibuktikan dengan hasil tes kemampuan awal yang diberikan dengan rata-rata nilai yang diperoleh yaitu 36,64. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik dikarenakan guru hanya menggunakan model pembelajaran langsung dan belum menggunakan media dalam pembelajaran, dibuktikan dengan hasil observasi dan wawancara. Upaya untuk meningkatkan kemampuan terutama dalam pemecahan masalah dapat dilakukan melalui implementasi Read, Answer, Disscus, Exsplain, And Create (RADEC) berbantuan Edpuzzle dalam pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang yang menerapkan model pembelajaran Read, Answer, Disscus, Explain, And Create (RADEC) berbantuan Edpuzzle dan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Read , Answer, Disscus, Explain, And Create (RADEC) berbantuan Edpuzzle pada materi aritmatika sosial.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain kuasi eksperimen. Bentuk dari kuasi eksperimen yang digunakan adalah pretest posttest dengan membandingkan dua sampel kelas VII MTsN 4 Magelang yang dipilih seacara acak menggunakan teknik cluster random sampling. Dengan populasi peserta didik kelas VII MTsN 4 Magelang dan menggunakan dua sampel yaitu kelas VII D sebagai kelas kontrol dan VII E sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Dengan analisis data menggunakan uji normalitas untuk analisis data awal dan menggunakan uji normalitas, uji proporsi (uji z), uji paired sample t-test, dan uji N-Gain untuk analisis data akhir.
...
64-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA SOL P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain