Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA STATISTIKA (BARISTA) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIS SISWA SMP
ABSTRAK
Silvia, Aneke Reliza. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Lembar Kerja Siswa Statistika (BARISTA) Terhadap Kemampuan Penalaran Statistis Siswa SMP”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Arifta Nurjanah, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Statistis, Lembar Kerja Siswa Statistika, RME
Kemampuan penalaran statistis merupakan sebuah kemampuan dalam memahami data, mengolah data, dan mengaplikasikan pemahaman statistik guna menyampaikan pendapat serta menarik kesimpulan logis serta berasal dari data atau informasi statistik yang diperoleh. Penalaran statistis penting karena melibatkan penggabungan konsep-konsep mengenai data dan peluang untuk membuat kesimpulan serta menafsirkan hasil-hasil statistik. Berdasarkan tes awal yang dilakukan di SMP N 1 Bandongan, kemampuan penalaran statistis siswa kelas VIII tergolong rendah dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Dibutuhkan pembelajaran yang dekat dengan siswa agar siswa lebih mudah memahami pembelajaran. Solusinya adalah model pembelajaran RME berbantuan BARISTA. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis ketuntasan kemampuan penalaran statistis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan BARISTA secara klasikal. Selain itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan penalaran statistis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung secara klasikal. Tujuan yang ketiga yaitu menganalisis keefektifan model pembelajaran RME berbantuan BARISTA dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan penalaran statistis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling didapatkan kelas eksperimen adalah kelas VIII C dan kelas kontrol adalah VIII D. Data penelitian didapatkan melalui tes kemampuan penalaran statistis dalam bentuk posttest.
59-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA SIL E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain