PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA STATISTIKA (BARISTA) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIS SISWA SMP

ANEKE RELIZA SILVIA - Nama Orang;

ABSTRAK
Silvia, Aneke Reliza. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Lembar Kerja Siswa Statistika (BARISTA) Terhadap Kemampuan Penalaran Statistis Siswa SMP”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Arifta Nurjanah, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Statistis, Lembar Kerja Siswa Statistika, RME
Kemampuan penalaran statistis merupakan sebuah kemampuan dalam memahami data, mengolah data, dan mengaplikasikan pemahaman statistik guna menyampaikan pendapat serta menarik kesimpulan logis serta berasal dari data atau informasi statistik yang diperoleh. Penalaran statistis penting karena melibatkan penggabungan konsep-konsep mengenai data dan peluang untuk membuat kesimpulan serta menafsirkan hasil-hasil statistik. Berdasarkan tes awal yang dilakukan di SMP N 1 Bandongan, kemampuan penalaran statistis siswa kelas VIII tergolong rendah dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Dibutuhkan pembelajaran yang dekat dengan siswa agar siswa lebih mudah memahami pembelajaran. Solusinya adalah model pembelajaran RME berbantuan BARISTA. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis ketuntasan kemampuan penalaran statistis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan BARISTA secara klasikal. Selain itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan penalaran statistis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung secara klasikal. Tujuan yang ketiga yaitu menganalisis keefektifan model pembelajaran RME berbantuan BARISTA dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan penalaran statistis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling didapatkan kelas eksperimen adalah kelas VIII C dan kelas kontrol adalah VIII D. Data penelitian didapatkan melalui tes kemampuan penalaran statistis dalam bentuk posttest.


Ketersediaan
59-UN57.U1-SPM-VII-2024MATEMATIKA SIL E 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA SIL E 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIX;208HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik