Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBANTUAN MOODLE EDUKATI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTs KELAS VIII
ABSTRAK
Kata Kunci : Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, Moodle Edukati,
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Kemampuan pemahaman konsep matematis menjadi salah satu kemampuan matematis terpenting yang dipelajari siswa dalam matematika. Pemahaman konsep matematika sangat penting untuk melaksanakan pembelajaran matematika secara bermakna serta menyelesaikan masalah matematika dan di kehidupan sehari-hari. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs N 2 Kabupaten Magelang masih termasuk dalam kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan moodle edukati dan ketuntasan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan moodle edukati dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni kuantitatif jenis eksperimen semu dengan posttest only control grup design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIII reguler MTs Negeri 2 Kabupaten Magelang tahun ajaran 2023/2024 dan sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling yang diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik z dan uji independent sample t-test.
...
58-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA ROH E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain