Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI
ABSTRAK
Nuraini, Yunita. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Strategi Question Students Have (QSH) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Moh. Rikza Muqtada, M.Pd.
Kata Kunci: Model MMP, Strategi QSH, Kemampuan Pemahaman Konsep Kemampuan pemahaman konsep memiliki peranan utama dalam menggapai keberhasilan pembelajaran matematika. Kemampuan tersebut penting dimiliki oleh setiap individu yang mengenyam bangku pendidikan. Hasil tes awal kemampuan pemahaman konsep pada kelas XI MAN Kota Magelang menunjukkan bahwa kemampuan tersebut dikategorikan rendah. Hal ini dipengaruhi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami konsep karena pembelajaran masih berpusat kepada pendidik. Oleh sebab itu, perlu adanya penerapan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemahaman konsep. Salah satunya melalui penerapan model pembelajaran MMP dengan strategi QSH. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan klasikal kemampuan pemahaman konsep yang diajar melalui pembelajaran MMP strategi QSH dan menganalisis ketuntasan klasikal kemampuan pemahaman konsep yang diajar melalui pembelajaran langsung. Selain itu, juga untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep peserta didik melalui model pembelajaran MMP dengan strategi QSH yang dibandingkan dengan peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experimental dengan the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MAN Kota Magelang. Jumlah sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen penganalisisan data akhir menggunakan uji proporsi (uji z) dan uji-t melalui uji independent sample t-test.
68-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA NUR P 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain