Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA
ABSTRAK
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Multimedia Scratch, Statistika Matematika merupakan suatu ilmu yang penting. Pada dasarnya terdapat lima kompetensi yang harus dimiliki siswa. Kemampuan yang mencakup kelima kompetensi tersebut adalah kemampuan literasi matematis. Literasi matematis penting, tetapi berdasarkan tes awal hasilnya masih dalam kategori rendah. Hal tersebut terjadi karena salah satunya guru tidak membiasakan siswa untuk mengerjakan soal literasi matematis. Materi yang dapat dikaitkan dengan literasi matematis yaitu materi statistika. Salah satu alternatif untuk membantu siswa dalam pembelajaran yakni dengan memanfaatkan multimedia. Multimedia yang dapat dipakai yaitu multimedia pembelajaran menggunakan Scratch. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari multimedia pembelajaran menggunakan Scratch untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Tegalrejo dengan sampel berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Adapun teknik pengambilan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, angket, lembar observasi, dan tes.
46-UN57.U1-SPM-VI-2024 | MATEMATIKA WAT P 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain