PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING TIPE GUIDED INQUIRY BERBANTUAN AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

ALFA KHUSNAYA - Nama Orang;

ABSTRAK
Khusnaya, Alfa. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Learning Tipe Guided Inquiry Berbantuan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, M.Pd., Pembimbing II Dita Aldila Krisma, M.Pd.
Kata kunci: Augmented Reality, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Inquiry Learning tipe Guided Inquiry.
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan siswa dalam memahami dan menyerap ide-ide matematika sehingga mampu menjelaskan dan menguasai serta mengaplikasikan materi dengan bahasanya sendiri. Akan tetapi kenyataannya, kemampuan tersebut pada siswa kelas VIII SMPN 11 Magelang masih tergolong sangat rendah. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan penelitian. Pertama untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiry learning tipe guided inquiry berbantuan augmented reality. Kedua untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Ketiga untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiry learning tipe guided inquiry berbantuan augmented reality lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif berjenis quasi experiment design berbentuk posttest only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Magelang, sementara sampel dipilih dengan cluster random sampling dimana didapatkan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Data penelitian didapatkan melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Analisis data awal yang dilakukan yaitu uji kesamaan rerata menggunakan uji Independent sample t-test dengan prasyarat memenuhi uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji F. Analisis data akhir yang dilakukan yaitu uji hipotesis dengan uji proporsi dan uji Independent Sample t-test.


Ketersediaan
38-UN57.U1-SPM-VI-2024MATEMATIKA KHU P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA KHU P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIX;183HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULLTEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik