Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING TIPE GUIDED INQUIRY BERBANTUAN AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
ABSTRAK
Khusnaya, Alfa. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Learning Tipe Guided Inquiry Berbantuan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, M.Pd., Pembimbing II Dita Aldila Krisma, M.Pd.
Kata kunci: Augmented Reality, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Inquiry Learning tipe Guided Inquiry.
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan siswa dalam memahami dan menyerap ide-ide matematika sehingga mampu menjelaskan dan menguasai serta mengaplikasikan materi dengan bahasanya sendiri. Akan tetapi kenyataannya, kemampuan tersebut pada siswa kelas VIII SMPN 11 Magelang masih tergolong sangat rendah. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan penelitian. Pertama untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiry learning tipe guided inquiry berbantuan augmented reality. Kedua untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Ketiga untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiry learning tipe guided inquiry berbantuan augmented reality lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif berjenis quasi experiment design berbentuk posttest only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Magelang, sementara sampel dipilih dengan cluster random sampling dimana didapatkan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Data penelitian didapatkan melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Analisis data awal yang dilakukan yaitu uji kesamaan rerata menggunakan uji Independent sample t-test dengan prasyarat memenuhi uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji F. Analisis data akhir yang dilakukan yaitu uji hipotesis dengan uji proporsi dan uji Independent Sample t-test.
38-UN57.U1-SPM-VI-2024 | MATEMATIKA KHU P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain