Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
ABSTRAK
Wulandari, Anisa. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Kahoot terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Dita Aldila Krisma, M.Pd.
Kata Kunci: Kahoot, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran TGT Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang penting bagi siswa sehingga perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran. Dalam penyelesaian soal, siswa belum terbiasa merubah suatu paragraf ke dalam pemodelan matematika, menuliskan ide matematika dengan bahasa sendiri, menuliskan prosedur pemecahan masalah dan menuliskan kesimpulan yang logis. Hal ini terlihat berdasarkan pada jawaban tes awal kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Magelang. Hasil tes awal menunjukkan bahwa nilai rata-ratanya yaitu 44.93 yang masih tergolong rendah Hal tersebut karena guru masih sering menerapkan model pembelajaran yang belum berpusat pada siswa dan jarang menggunakan media pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif ketika pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan model dan media pembelajaran yang mampu mendorong keaktifan siswa sehingga dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis mereka, salah satunya yaitu model pembelajaran TGT berbantuan Kahoot. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan Kahoot, menganalisis ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran TGT berbantuan Kahoot lebih baik dibandingkan dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.
45- UN57.U1-SPM-VI-2024 | MATEMATIKA WUL P 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain