Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI MCM (MATH CITY MAP) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 CANDIMULYO
ABSTRAK
Febriana, P. E. (2024). “Efektivitas Model Discovery Learning Terintegrasi MCM (Math City Map) terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Paskalia Pradanti, M.Pd..
Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Matematis, Math City Map, Pembelajaran Langsung. Kemampuan berpikir matematis membantu siswa menerapkan konsep dan informasi matematis guna penyelesaian masalah. Kemampuan berpikir matematis siswa SMP Negeri 1 Candimulyo tergolong rendah dengan rerata nilai tes kemampuan awal 32,38. Karenanya, perlu diterapkan model pembelajaran berbasis penemuan yang mengembangkan kemampuan tersebut. Analisis penerapan model discovery learning terintegrasi MCM (Math City Map) dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir matematis siswa menjadi tujuan penelitian. Tujuan lain ialah menganalisis peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa dengan model discovery learning terintegrasi MCM (Math City Map) dan model pembelajaran langsung. Penelitian quasi-experimental dengan pretest-posttest control group design ini memiliki variabel independen berupa model pembelajaran, yakni model pembelajaran langsung dan model dicovery learning terintegrasi MCM (Math City Map). Kemampuan berpikir matematis siswa sebagai variabel dependen pada penelitian. Sampel menggunakan 62 siswa dari kelas VIII A dan VIII D dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, wawancara, dan instrumen tes yang meliputi pretest dan posttest.
71-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA FEB E 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain