Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VII MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
ABSTRAK
Cahyaningrum, Lintang. 2024. ”Pengembangan Komik Digital Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Materi Bangun Ruang Sisi Datar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, M.Sc., Pembimbing II Dita Aldila Krisma, M.Pd.
Kata Kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Etnomatematika, Kemampuan Literasi Matematis, Komik digital Era revolusi industri 4.0 membawa perubahan dalam aspek kehidupan, termasuk aspek pendidikan. Pendidikan harus beradaptasi dengan teknologi supaya meningkatkan efektivitas pembelajaran. Teknologi berdampak besar pada kehidupan berbangsa, salah satunya terkikisnya nilai budaya. Untuk mengatasi hal ini, pendidikan berbasis kearifan budaya yakni etnomatematika dapat menjembatani antara budaya dan pendidikan, khususnya dalam matematika. Bangun ruang sisi datar relevan dengan pendekatan etnomatematika, meskipun siswa sering kesulitan memahaminya dalam permasalahan sehari-hari. Kemampuan literasi matematis yang baik, mampu membantu siswa mengatasi masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari. Di kelas VII G SMPN 13 Magelang, kemampuan literasi matematis siswa masih sangat rendah karena kurangnya mengerjakan latihan soal yang berkaitan dengan permasalahan kehidupan seharihari, tidak adanya media pembelajaran yang mendukung kemampuan literasi matematis, dan kurangnya antusiasme siswa saat belajar. Komik digital dianggap sebagai media pembelajaran menarik yang dapat meningkatkan literasi matematis dan antusiasme siswa. Oleh karena itu, dikembangkan komik digital berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan komik digital berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis pada materi bangun ruang sisi datar. Pengembangan komik diharapkan mampu menjadi jembatan untuk membantu siswa memahami materi bangun ruang sisi datar lebih mudah dengan menerapkan pembelajaran berbasis kebudayaan yang dikolaborasikan dengan teknologi.
70-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA CAH P 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain