Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN APLIKASI BANAN (BELAJAR KESEBANGUNAN) BERBANTUAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
ABSTRAK
Shochifah, Ofi Laili Nur. 2024. “Pengembangan Aplikasi BANAN (Belajar Kesebangunan) Berbantuan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Paskalia Pradanti., M.Pd.
Kata Kunci: aplikasi, model learning cycle, pemahaman konsep matematis Salah satu kajian dalam bidang pendidikan yang menarik adalah mata pelajaran matematika karena menjadi tumpu dalam berkembangnya seluruh bidang dan disiplin ilmu, khususnya teknologi dan informasi serta komunikasi. Namun, banyak siswa masih menggap pelajaran matematika itu sulit. Berdasarkan tes awal yang dilakukan di kelas VII F MTs Negeri 2 Kota Magelang nilai rata-rata tes awal kemampuan pemahaman konsep matematis adalah 44,6. Hal tersebut menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih dalam kategori rendah. Model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan masih belum tepat dapat menyebabkan kurangnya pemahaman siswa. Setelah dilakukan wawancara dengan guru matematika MTs N 2 Kota Magelang, model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru matematika di MTs N 2 Kota Magelang belum mampu mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan aplikasi BANAN (belajar kesebangunan) berbantuan model learning cycle 5E. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari aplikasi BANAN (Belajar Kesebangunan) berbantuan model learning cycle 5E untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Develpoment, Implement, Evaluate) menurut Branch. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, wawancara, teknik tes, dan observasi. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII siswa MTs N 2 Kota Magelang. Sampel penelitian ini siswa kelas VII F MTs N 2 Kota Magelang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling.
69-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA SHO P 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain