Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATH WEB BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
ABSTRAK
Aswan. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Math Web Berbasis Pendidikan Matematika Realistik untuk Mendukung Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” Pembimbing I Nina Agustyaningrum, M.Pd. Pembimbing II Moh. Rikza Muqtada, M.Pd.
Kata Kunci: math web, pendidikan matematika realistik, pemahaman konsep matematis Salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil observasi, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMA Negeri 2 Temanggung masih tergolong rendah. Di sisi lain, berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan, guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran karena media yang biasanya digunakan oleh guru memiliki pembahasan materi kurang detail, tidak bisa digunakan untuk pembelajaran mandiri dan tidak bisa digunakan untuk menilai tingkat pemahaman siswa. Maka dari itu, diperlukan inovasi media pembelajaran untuk mengatasi keterbatasan media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran Math Web berbasis pendidikan matematika realistik untuk mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE menurut Branch.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan tes. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas X SMA Negeri 2 Temanggung berjumlah 354 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X G SMA Negeri 2 Temanggung. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Analisis data yang dilakukan terdiri dari analisis kevalidan, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan media. Analisis kevalidan dilakukan dengan menghitung persentase hasil angket penilaian ahli media dan ahli materi terhadap media yang dikembangkan. Analisis kepraktisan dilakukan dengan menghitung persentase hasil angket respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Analisis keefektifan ditentukan dari perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest dengan desain quasi eksperimen dan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design.
63-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA ASW P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain