Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
ABSTRAK
Mahendra, Septian Aziz, 2024. “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dan Make A Match Berbantuan Media Kartu Pintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing 1 Zuida Ratih Hendratuti, M.Pd., Pembimbing II Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, Make A Match, Kartu Pintar, Kemampuan Berpikir Kreatif.Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan untuk melihat dengan sudut pandang baru dalam menyelesaikan atau mengembangkan suatu masalah yang dalam prosesnya menggunakan aktivitas mental dengan perpaduan logis divergen. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal, ditemukan fakta bahwa kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas X SMA Negri 2 Grabag masih tergolong rendah.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) tingkat ketuntasan klasikal kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament), (2) tingkat ketuntasan klasikal kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media kartu pintar, (3) kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Make a Match berbantuan media kartu pintar lebih baik dibandingkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament).Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMA Negri 2 Grabag tahun ajaran 2023/2024. Pengambilam sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan sistem pengundian, didapat kelas X 7 menjadi kelas kontrol dan kelas X 8 menjadi kelas eksperimen. Data penelitian ini didapatkan melalui tes kemampuan berpikir kreatif, wawancara terhadap guru dan siswa, angket validasi, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran.
53-UN57.U1-SPM-VI-2024 | MATEMATIKA MAH K 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain