Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) BERBANTUAN GOOGLE SITES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP
ABSTRAK
Karima, Lutfia Zaidatul. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Berbantuan Google Sites terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, S.Si., M.Sc., Pembimbing II Paskalia Pradanti, M.Pd.
Kata Kunci: Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Google Sites, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.Penguasaan kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi tujuan esensial dalam pembelajaran matematika. Kemampuan ini relevan bagi siswa untuk menghadapi berbagai permasalahan, baik tantangan masa kini maupun tantangan masa depan. Akan tetapi, tes awal menunjukkan hasil bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berada pada kategori kurang. Salah satu faktor yang mendasarinya yaitu model pembelajaran yang kurang tepat. Model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan Google Sites dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan ini.Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran AIR berbantuan Google Sites dan menganalisis ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung secara klasikal. Tujuan berikutnya yaitu untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan Google Sites dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis quasi experimental bentuk non-equivalent posttest-only control group design. Populasinya yakni siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tempuran tahun ajaran 2023/2024. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling, kelas VIII C terpilih menjadi kelas kontrol dan kelas VIII D terpilih menjadi kelas eksperimen. Instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara, lembar validasi, lembar observasi, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket, dan dokumentasi.
57-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA KAR P 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain