Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN APPLET GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BAGI SISWA KELAS VIII
ABSTRAK
Hilyati, D. F. 2024 “Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Applet Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Siswa Kelas VIII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, M.Pd., Pembimbing II Moh. Rikza Muqtada, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran AIR, Applet Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah
Siswa SMP Negeri 2 Mertoyudan mempunyai tingkat kemampuan pemecahan masalah yang masih ada dalam kategori rendah. Hal yang bisa menjadi penyebabnya yakni model pembelajaran yang guru terapkan belum dapat menstimulasi kemampuan pemecahan masalah siswa dengan baik serta pemanfaatan media dalam pembelajaran yang masih terbatas. Tujuan penelitian ini yakni menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberi penerapan model pembelajaran AIR berbantuan Applet Geogebra apakah lebih baik dibanding kelas yang diterapkan model pembelajaran langsung. Selain itu, tujuan lain penelitian ini yakni guna menganalisis bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diterapkan model pembelajaran AIR berbantuan Applet Geogebra di kelas VIII SMP Negeri 2 Mertoyudan. Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kuantitatif melalui desain kuasi eksperimen yakni pretest posttest control group design. Kelas VIII E terpilih menjadi kelas eksperimen serta VIII F menjadi kelas kontrol pada penelitian ini. Sampel diambil melalui metode cluster random sampling yakni teknik pengambilan sampel secara acak. Pengambilan data dilakukan melalui teknik tes, wawancara, observasi, serta angket. Analisis data dilakukan dengan uji Independent Sample t- Test, uji Paired Sample t-Test, serta analisis N-Gain.
...
60-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA HIL P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain