Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATERI PANCA INDRA DAN FUNGSINYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMALB SLBN KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Nadila, Putri 2024. “Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animasi Pada Materi Panca Indra dan Fungsinya Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMALB SLBN Kota Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Shefa Dwijayanti Ramadani, M.Pd., Pembimbing II Ferisa Prasetyaning Utami, M.Pd.
Kata Kunci: Video Animasi, Panca Indra Manusia, Media Pembelajaran, Tunarungu, Pemahaman Konsep
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru SMALB SLBN Kota Magelang dan hasil observasi didapatkan informasi bahwa pemahaman konsep siswa tunarungu kelas X pada materi panca indra dan fungsinya kurang maksimal karena sumber belajar yang digunakan hanya sebatas poster sederhana berupa anatomi tubuh manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validasi video pembelajaran berbasis animasi pada materi panca indra dan fungsinya yang divalidasi oleh ahli media dan materi serta mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi panca indra dan funginya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE dan pre- experimental jenis design one group pretest and post design dalam proses pengambilan data. Penelitian ini berlokasi di SMALB SLBN Kota Magelang, dengan menggunakan 1 kelas yaitu kelas X siswa tunarungu . Video yang dikembangkan dikategorikan sangat layak. Kelayakan produk terdiri atas penilaian validitas aspek media sebesar 81% (sangat layak) dan validitas aspek materi sebesar 82% (sangat layak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam penggunaan media belajar terhadap pemahaman konsep siswa tunarungu kelas X pada materi panca indra dan fungsinya. Hasil uji N-Gain sebesar 0,78 atau dalam kategori tinggi. Dari hasil yang didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berupa video pembelajaran berbasis animasi termasuk dalam kategori sangat layak dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa tunarungu kelas X SMALB SLBN Kota Magelang. Produk yang dikembangkan berupa video pembelajaran berbasis animasi dapat digunakan sebagai sumber belajar pada materi panca indra dan fungsinya di SMALB SLBN Kota Magelang.
21-UN57.U1-SPB-VII-2024 | BIOLOGI NAD P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain