Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI “BELAMATIKA” BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
ABSTRAK
Kholifah, Dewi Noor. 2024. “Pengembangan Video Animasi “Belamatika” Berbantuan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Paskalia Pradanti, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Video Animasi, Aplikasi Canva, Persamaan Garis Lurus. Kemampuan penalaran matematis termasuk dalam kemampuan yang dikembangkan melalui pembelajaran matematika di sekolah. Meskipun demikian, kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII di SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid masih tergolong dalam kategori rendah. Hal tersebut disebabkan karena siswa belum terbiasa dengan soal yang dikaitkan dengan kemampuan penalaran matematis. Inovasi media sebagai pendukung pembelajaran di sekolah juga belum digunakan oleh guru pengampu selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari video animasi “Belamatika” berbantuan aplikasi Canva untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada materi persamaan garis lurus. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, tes awal, dan observasi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid yang terdiri dari 27 siswa. Kevalidan media didapatkan dari hasil penilaian tiga validator ahli media dan ahli materi. Kepraktisan media dilihat berdasarkan hasil angket respon guru dan siswa selama media digunakan dalam pembelajaran. Keefektifan dari media yang dikembangkan dilihat dari hasil skor N-Gain berdasarkan nilai pretest dan posttest siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa video animasi “Belamatika” berbantuan aplikasi Canva memenuhi aspek valid dengan persentase 88,04% termasuk dalam tingkat validitas tinggi dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil analisis kepraktisan, memperoleh persentase sebesar 91,30% dengan kategori sangat praktis. Analisis efektivitas memperoleh skor N-Gain sebesar 0,350 dengan kategori sedang
55-UN57.U1-SPM-VI-2024 | MATEMATIKA KHO P 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain