PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PUISI “IBU” KARYA CHAIRIL ANWAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAGELANG

BAGASKORO AJID DWI ATMOJO - Nama Orang;

ABSTRAK
Atmojo, Bagaskoro Ajid D. 2024. “Efektivitas Model Cooperatif Learning Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Audiovisual puisi “Ibu” karya Chairil Anwar“Ibu” Karya Chairil Anwar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Teks Puisi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Magelang”. Skripsi Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar
Kurangnya inovasi dalam kegiatan pembelajaran menyimak teks puisi mengakibatkan kemampuan menyimak teks puisi siswa menjadi rendah. Permasalahan tersebut disebabkan guru hanya menerapkan metode pembelajaran simak dan catat. Guru juga tidak menggunakan media, seperti media audiovisual. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya pembelajaran yang inovatif dan menarik dengan mengunakan model dalam pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan (1) ada tidaknya perbedaan hasil pembelajaran menyimak teks puisi antara siswa yang diajar dengan model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share berbantuan media audiovisual puisi “Ibu” karya Chairil Anwar dengan siswa yang tidak diajar dengan model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share berbantuan media audiovisual puisi “Ibu” Chairil Anwar, (2) model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share berbantuan media audiovisual puisi “Ibu” karya Chairil Anwar efektif dalam pembelajaran menyimak teks puisi untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Design. Populasi pada penelitian ini berupa kemampuan menyimak teks puisi siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Magelang yang berjumlah 200 siswa. Dengan sampel penelitian berjumlah 56 siswa. Dalam proses mengumpulkan data kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan prates dan pascates. Validitas yang digunakan berupa validitas isi dan konstruk. Validitas dan reliabilitas digunakan untuk mengetahui data yang digunakan valid dan reliabel. Teknik uji yang digunakan untuk prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 (5 %). Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan kemampuan menyimak yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share berbantuan media audiovisual puisi “Ibu” karya Chairil Anwar dengan siswa yang tidak diajar dengan model dan media tersebut, dengan hasil nilai uji-t pascates t hitung 2,793 dengan df = 54, dan p = 0,007, taraf kesalahan 0,05. (2) model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share berbantuan media audiovisual puisi “Ibu” karya Chairil Anwar efektif dalam pembelajaran menyimak teks puisi untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Magelang. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t nilai prates dan pascates kelas eksperimen dengan nilai t hitung 5,591, df = 27, dan nilai p = 0,000, sedangkan kelas kontrol dengan nilai t hitung 5,201, df = 27, dan nilai p = 0,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Cooperative Learning Tipe TPS berbantuan media audiovisual puisi "Ibu" karya Chairil Anwar lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Magelang dibandingkan dengan menerapkan pembelajaran konvensional tanpa model tersebut. Penggunaan model Cooperative Learning Tipe TPS dengan bantuan media audiovisual puisi "Ibu" karya Chairil Anwar efektif dalam pembelajaran menyimak teks puisi bagi peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Magelang
Kata Kunci : model Cooperative Learning Tipe TPS (Think Pair Share), teks puisi.


Ketersediaan
51-UN57.U1-SIN-VII-2024INDONESIA ATM E 2024Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA ATM E 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XX;148HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik