Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PUISI “IBU” KARYA CHAIRIL ANWAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAGELANG
ABSTRAK
Atmojo, Bagaskoro Ajid D. 2024. “Efektivitas Model Cooperatif Learning Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Audiovisual puisi “Ibu” karya Chairil Anwar“Ibu” Karya Chairil Anwar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Teks Puisi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Magelang”. Skripsi Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar
Kurangnya inovasi dalam kegiatan pembelajaran menyimak teks puisi mengakibatkan kemampuan menyimak teks puisi siswa menjadi rendah. Permasalahan tersebut disebabkan guru hanya menerapkan metode pembelajaran simak dan catat. Guru juga tidak menggunakan media, seperti media audiovisual. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya pembelajaran yang inovatif dan menarik dengan mengunakan model dalam pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan (1) ada tidaknya perbedaan hasil pembelajaran menyimak teks puisi antara siswa yang diajar dengan model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share berbantuan media audiovisual puisi “Ibu” karya Chairil Anwar dengan siswa yang tidak diajar dengan model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share berbantuan media audiovisual puisi “Ibu” Chairil Anwar, (2) model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share berbantuan media audiovisual puisi “Ibu” karya Chairil Anwar efektif dalam pembelajaran menyimak teks puisi untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Design. Populasi pada penelitian ini berupa kemampuan menyimak teks puisi siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Magelang yang berjumlah 200 siswa. Dengan sampel penelitian berjumlah 56 siswa. Dalam proses mengumpulkan data kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan prates dan pascates. Validitas yang digunakan berupa validitas isi dan konstruk. Validitas dan reliabilitas digunakan untuk mengetahui data yang digunakan valid dan reliabel. Teknik uji yang digunakan untuk prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 (5 %). Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan kemampuan menyimak yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share berbantuan media audiovisual puisi “Ibu” karya Chairil Anwar dengan siswa yang tidak diajar dengan model dan media tersebut, dengan hasil nilai uji-t pascates t hitung 2,793 dengan df = 54, dan p = 0,007, taraf kesalahan 0,05. (2) model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share berbantuan media audiovisual puisi “Ibu” karya Chairil Anwar efektif dalam pembelajaran menyimak teks puisi untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Magelang. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t nilai prates dan pascates kelas eksperimen dengan nilai t hitung 5,591, df = 27, dan nilai p = 0,000, sedangkan kelas kontrol dengan nilai t hitung 5,201, df = 27, dan nilai p = 0,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Cooperative Learning Tipe TPS berbantuan media audiovisual puisi "Ibu" karya Chairil Anwar lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Magelang dibandingkan dengan menerapkan pembelajaran konvensional tanpa model tersebut. Penggunaan model Cooperative Learning Tipe TPS dengan bantuan media audiovisual puisi "Ibu" karya Chairil Anwar efektif dalam pembelajaran menyimak teks puisi bagi peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Magelang
Kata Kunci : model Cooperative Learning Tipe TPS (Think Pair Share), teks puisi.
51-UN57.U1-SIN-VII-2024 | INDONESIA ATM E 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain