Text
SKRIPSI JENIS DAN PROSES PEMBENTUKAN ABREVIASI KATA DALAM WACANA IKLAN INSTAGRAM @SHOPEE_ID DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MODUL AJAR TEKS IKLAN DI SMP
ABSTRAK
Kurniyati, Anisa. 2024. ―Jenis dan Proses Pembentukan Abreviasi Kata dalam Wacana Iklan Instagram @shopee_id dan Implementasinya sebagai Modul Ajar Teks Iklan di SMP‖. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Winasti Rahma Diani, M.Hum., Pembimbing II Muhammad Nur Hanif, M.A.
Abreviasi kata merupakan salah satu proses morfologis ketika adanya pemendekan dari bentuk lengkap menjadi bentuk baru yang berstatus menjadi kata. Pemendekan kata dalam bahasa Indonesia dapat dikatakan cukup produktif, karena dapat digunakan untuk ekonomisasi bahasa, salah satunya digunakan dalam wacana iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan proses pembentukan abreviasi kata dalam wacana iklan Instagram @shopee_id. Wujud data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kata yang bersumber dari wacana iklan Instagram @shopee_id periode bulan Oktober—Desember 2023. Penyediaan data pada penelitian ini menggunakan metode baca dengan teknik rekam dan catat. Selanjutnya, analisis data pada penelitian ini menggunakan metode agih dan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL) serta metode padan dan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dengan teknik lanjutan berupa Hubung Banding Samakan (HBS). Hasil penelitian ini dideskripsikan bahwa dalam wacana iklan Instagram @shopee_id periode bulan Oktober—Desember 2023 ditemukan 77 kata yang mengalami abreviasi. Kata tersebut memiliki jenis dan proses pembentukan abreviasi yang bervariasi. Jenis abreviasi tersebut terdiri dari: 1) 40 kata terbentuk dengan adanya jenis abreviasi berupa singkatan, 2) 12 kata terbentuk dengan adanya jenis abreviasi berupa penggalan, 3) 3 kata terbentuk dengan adanya jenis abreviasi berupa akronim, 4) 6 kata terbentuk dengan adanya jenis abreviasi berupa kontraksi, 5) 13 kata terbentuk dengan adanya jenis abreviasi berupa lambang huruf, 6) 1 kata terbentuk dengan adanya reduplikasi atas pemendekan, dan 7) 2 kata terbentuk dengan adanya penggabungan atas pemendekan. Setiap jenis abreviasi kata tersebut memiliki proses pembentukan yang bervariasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang jenis dan proses pembentukan kata dalam wacana iklan Instagram @shopee_id periode bulan Oktober—Desember 2023 diimplementasikan sebagai modul ajar Kurikulum Merdeka pada salah satu materi Bahasa Indonesia kelas VIII SMP tentang ―Membuat Iklan, Slogan, dan Poster‖. Capaian pembelajaran yang diambil pada materi tersebut, yaitu 1) Peserta didik mampu menulis kalimat yang lebih bervariasi: kalimat sederhana dan kalimat majemuk serta setara; 2) Peserta didik menggunakan aturan kesopanan dalam berbicara (dengan pilihan kata dan sikap), mendengarkan dengan aktif, dan menghargai lawan bicara. Peserta didik menanggapi dengan aktif ketika berbicara dalam kelompok pendengar yang beragam dan memahami konteks sosial ragam penggunaan bahasa (formal, informal, humor) serta ekspresi yang tidak bias.
Kata Kunci: abreviasi, Instagram, morfologi, wacana iklan.
48-UN57.U1-SIN-VI-2024 | INDONESIA KUR J 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain