Text
SKRIPSIJENIS ASPEK BERNALAR KRITIS DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA KELAS VIII SMP
ABSTRAK
Muflikhah, Hanik Atul. 2024. “Jenis Aspek Bernalar Kritis dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka kelas VIII SMP.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr.Jendriadi, M.Pd.Dimensi bernalar kritis sangat penting untuk diterapkan pada peserta didik khususnya di abad ke-21. Penerapannya dapat dilakukan melalui sumber belajar berupa buku teks yang digunakan pendidik dan peserta didik. Berdasarkan hal itu, penelitian ini dilakukan untuk mengkaji jenis aspek bernalar kritis pada buku teks Bahasa Indonesia yang digunakan pendidik dan peserta didik.Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apa saja jenis aspek bernalar kritis dalam buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka kelas VIII SMP. Penelitian bertujuan untuk memperoleh deskripsi jenis aspek bernalar kritis dalam buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka kelas VIII SMP.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode padan dengan teknik dasar pilah unsur penentu (PUP).Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis aspek bernalar kritis yang ada di dalam buku teks, yaitu (1) jenis aspek bernalar kritis memperoleh dan memproses informasi gagasan, (2) jenis aspek bernalar kritis menganalisis dan mengevaluasi penalaran, serta (3) jenis aspek bernalar kritis merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri. Ketiga jenis aspek tersebut tercermin melalui data berupa kalimat yang di dalamnya terdapat frasa dan kata sebagai penanda indikator bernalar kritis. Jenis aspek memperoleh dan memproses informasi gagasan merupakan jenis aspek bernalar kritis yang paling dominan, sedangkan jenis aspek merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri merupakan jenis aspek yang paling sedikit ditemukan. Seluruh jenis aspek bernalar kritis telah tercakup dalam buku teks, meskipun dengan proporsi yang berbeda-beda.
57-UN57.U1-SIN-VII-2024 | INDONESIA MUF J 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain