Text
SKRIPSI TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM FILM HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS DRAMA DI SMA
ABSTRAK
Janarko, F, H, D. 2024. Tindak Tutur Direktif dalam Film Hati Suhita Karya Khilma Anis dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Teks Drama di SMA. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing 1 Winasti Rahma Diani, M.Hum. Prmbimbing II Muhammad Nur Hanif, S.S., M.A.
Kata Kunci : tindak tutur direktif, film Hati Suhita, bahan ajar teks dramaFilm Hati Suhita merupakan film bertemakan perjodohan di lingkungan pesantren yang mengandung fenomena tuturan dalam dialognya. Fenomena tuturan yang mengandung tindak tutur direktif membutuhkan penafsiran secara terperinci agar mitra tutur dapat memahami tuturan. Hal ini sama dengan teks drama yang memerlukan penafsiran secara terperinci. Adanya keterkaitan antara dua hal tersebut menyebabkan diperlukan adanya penelitian yang berfokus pada analisis tindak tutur direktif dalam film Hati Suhita dan implementasinya sebagai bahan ajar teks drama di SMA. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan teknik catat. Teknik dilakukan dengan cara menyimak, yaitu menyimak penggunaan bahasa melalui objek yang diteliti sedangkan teknik catat dilakukan dengan cara mencatat data yang terdapat pada sumber data, yaitu berupa kata, frasa, klausa atau kalimat yang mengandung tindak tutur direktif dalam sumber data film Hati Suhita. Hasil penelitian ini ditemukan sejumlah data berupa fungsi tindak tutur direktif perintah, nasihat, permintaan, ajakan dan kritik. Fungsi tindak tutur direktif yang paling banyak ditemukan adalah fungsi permintaan yaitu, meminta, menawarkan, dan memohon. Sementara itu, data yang paling sedikit ditemukan adalah fungsi kritik yakni, menegur, menyindir, dan mengancam. Hasil penelitian ini kemudian diimplementasikan sebagai bahan ajar pembelajaran teks drama di SMA. Bahan ajar tersebut diususun dalam bentuk handout yang disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka melalui dokumen Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase A-Fase F. Pada Fase F elemen menyimak.
56-UN57.U1-SIN-VII-2024 | INDONESIA JAN T 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain