PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PRAANGGAPAN DALAM IKLAN MI INSTAN DI YOUTUBEDAN IMPLEMENTASINYA PADA MATERI TEKS IKLANKELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

RIZAELANI RIZKI RAMADANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Ramadhani Rizki. 2024. Praanggapan dalam iklan mi instan di youtube dan implementasinya dengan pembelajaran bahasa indonesia di sekolah menengah pertama. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Irsyadi Shalima, S.S., M.A., Pembimbing II Winasti Rahma Diani, M.Hum.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran penting iklan dalam komunikasi pemasaran yang digunakan oleh produsen untuk menjual produk kepada konsumen. Iklan-iklan ini tidak hanya menyampaikan informasi tentang produk, tetapi juga menciptakan berbagai anggapan atau persepsi di benak konsumen melalui cara penyampaiannya. Cara penyampaian pesan dalam iklan juga memainkan peran besar dalam membentuk anggapan atau persepsi konsumen. Misalnya, melalui tuturan yang terdapat dalam iklan tersebut. Iklan dapat memengaruhi bagaimana konsumen melihat dan menilai produk tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada apa saja jenis praanggapan yang terdapat dalam iklan mi instan di YouTube. Batasan masalah dalam penelitian ini ialah apa sajakah jenis-jenis praanggapan yang terdapat dalam Iklan Mi Instan di Youtube pada tahun 2023. Penelitian ini berfokus pada jenis praanggapan dalam Iklan Mi instan pada merek Indomie, Sarimi, Supermi, Mie Sedaap, Mi Gaga, dan Lemonilo yang terdapat di YouTube pada tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode penyediaan data berupa metode simak yang diterapkan dengan cara menyimak secara rinci tuturan video pada iklan YouTube produk mi instan yang mengandung praanggapan. Teknik penyedian data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik catat dengan mencatat tuturan yang termasuk data tersebut. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yang diteruskan dengan metode padan karena memadankan data sesuai jenis-jenis praanggapan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) yang unsur penentunya berupa jenis praanggapan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan 57 tuturan yang mengandung praanggapan. Terdapat 5 jenis praanggapan yang ditemukan, yaitu praanggapan eksistensial, praanggapan faktif, praanggapan leksikal, praanggapan struktural, dan praanggapan konterfaktual. Jenis praanggapan yang paling banyak ditemukan pada penelitian ini adalah praanggapan eksistensial sebanyak 26 data. Jenis praanggapan praanggapan faktif sebanyak 16 data. Praanggapan leksikal sebanyak 10 data. Praanggapan struktural sebanyak 2 data. Praanggapan konterfaktual sebanyak 1 data. Hasil dari penelitian ini akan diimplementasikan sebagai bahan materi ajar berupa modul ajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada kelas VIII semester II yang berbasis kurikulum merdeka dengan materi pokok teks iklan.
Kata kunci : Iklan, Praanggapan, Pragmatik


Ketersediaan
55-UN57.U1-SIN-VII-2024INDONESIA RAM P 2024Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA RAM P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik