Text
SKRIPSI PRAANGGAPAN DALAM IKLAN MI INSTAN DI YOUTUBEDAN IMPLEMENTASINYA PADA MATERI TEKS IKLANKELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
ABSTRAK
Ramadhani Rizki. 2024. Praanggapan dalam iklan mi instan di youtube dan implementasinya dengan pembelajaran bahasa indonesia di sekolah menengah pertama. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Irsyadi Shalima, S.S., M.A., Pembimbing II Winasti Rahma Diani, M.Hum.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran penting iklan dalam komunikasi pemasaran yang digunakan oleh produsen untuk menjual produk kepada konsumen. Iklan-iklan ini tidak hanya menyampaikan informasi tentang produk, tetapi juga menciptakan berbagai anggapan atau persepsi di benak konsumen melalui cara penyampaiannya. Cara penyampaian pesan dalam iklan juga memainkan peran besar dalam membentuk anggapan atau persepsi konsumen. Misalnya, melalui tuturan yang terdapat dalam iklan tersebut. Iklan dapat memengaruhi bagaimana konsumen melihat dan menilai produk tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada apa saja jenis praanggapan yang terdapat dalam iklan mi instan di YouTube. Batasan masalah dalam penelitian ini ialah apa sajakah jenis-jenis praanggapan yang terdapat dalam Iklan Mi Instan di Youtube pada tahun 2023. Penelitian ini berfokus pada jenis praanggapan dalam Iklan Mi instan pada merek Indomie, Sarimi, Supermi, Mie Sedaap, Mi Gaga, dan Lemonilo yang terdapat di YouTube pada tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode penyediaan data berupa metode simak yang diterapkan dengan cara menyimak secara rinci tuturan video pada iklan YouTube produk mi instan yang mengandung praanggapan. Teknik penyedian data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik catat dengan mencatat tuturan yang termasuk data tersebut. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yang diteruskan dengan metode padan karena memadankan data sesuai jenis-jenis praanggapan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) yang unsur penentunya berupa jenis praanggapan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan 57 tuturan yang mengandung praanggapan. Terdapat 5 jenis praanggapan yang ditemukan, yaitu praanggapan eksistensial, praanggapan faktif, praanggapan leksikal, praanggapan struktural, dan praanggapan konterfaktual. Jenis praanggapan yang paling banyak ditemukan pada penelitian ini adalah praanggapan eksistensial sebanyak 26 data. Jenis praanggapan praanggapan faktif sebanyak 16 data. Praanggapan leksikal sebanyak 10 data. Praanggapan struktural sebanyak 2 data. Praanggapan konterfaktual sebanyak 1 data. Hasil dari penelitian ini akan diimplementasikan sebagai bahan materi ajar berupa modul ajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada kelas VIII semester II yang berbasis kurikulum merdeka dengan materi pokok teks iklan.
Kata kunci : Iklan, Praanggapan, Pragmatik
55-UN57.U1-SIN-VII-2024 | INDONESIA RAM P 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain